March 28, 2024

Serbuan Vaksin Nasional TNI-Polri, Satuan Jajaran TNI AU Gelar Vaksinasi Massal Serentak

Jurnalmetropol.com – Dalam rangka mendukung  program percepatan vaksinasi yang diinisiasi pemerintah,  satuan jajaran  TNI AU  bergerak cepat dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara massal bagi warga masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos mengatakan,  TNI AU  berkomitmen  mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi kepada seluruh masyarakat guna penanganan pandemi Covid-19, Selasa (29/6/2021).

“Program percepatan vaksinasi pemerintah, kita dukung dengan pelaksanaan serbuan serentak vaksin nasional TNI/Polri menuju vaksinasi satu Juta Jiwa,”ungkap Marsma Indan.

Bukan hanya unsur TNI-Polri saja, Serbuan Vaksin Nasional TNI-Polri juga bekerja sama dengan sejumlah unsur kesehatan lainnya, baik unsur pemerintah maupun swasta.

“Pelaksanaan vaksinasi massal oleh Satuan jajaran TNI AU di daerah berkolaborasi dengan segenap unsur kesehatan lainnya, baik dari unsur TNI dan Polri setempat, maupun dengan berbagai tim kesehatan lainnya, termasuk pemerintah daerah dan swasta,”ujar Kadispenau.

Guna memastikan program vaksinasi ini terselenggara sesuai dengan sasaran yang diinginkan, lanjut Marsma Indan, seluruh satuan jajaran TNI AU melaporkan pelaksanaannya setiap hari kepada komando atas secara berjenjang.

Berdasarkan laporan yang diterima, hingga hari ini, Selasa (29/6), lebih dari 30.000 warga masyarakat telah divaksin melalui program serbuan serentak vaksin nasional TNI/Polri.

Jumlah ini akan terus bertambah, karena program vaksinasi masih terus  berlangsung, hingga beberapa hari ke depan di sejumlah satuan jajaran TNI  AU.

“Vaksinasi masih terus berlangsung, hingga beberapa hari ke depan, hampir seluruh satuan jajaran telah melaksanakannya, dan akan terus diselenggarakan oleh satuan jajaran TNI AU “pungkas Marsma Indan.

Satuan jajaran Koopsau I, Jakarta yang telah dan sedang melaksanakan vaksinasi diantaranya, Makoopsau I, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Lanud Suryadharma, Kalijati, Lanud Supadio, Pontianak, Lanud Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Lanud Soewondo, Medan, Lanud Sutan Sjahrir, Padang, Lanud Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang, Lanud Raden Sadjad, Ranai, Lanud Maimun Saleh, Sabang, Lanud H. AS. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Lanud M. Bun Yamin, Lampung, Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Lanud Hadisoemantri, Singkawang dan Lanud Hang Nadim Batam.

Sementara jajaran Koopsau II, diantaranya, Makoopsau II, Makassar, Lanud Hasanuddin, Makassar, Lanud Abd Saleh, Malang, Lanud Iswahjudi, Magetan, Lanud Eltari, Kupang, Lanud Samratulangi, Manado, Lanud Anang Busra, Tarakan, dan Lanud Haluleo, Kendari.

Sèdangkan jajaran Koopsau III, diantaranya, Makoopsau III, Biak, Lanud Manuhua Biak, Lanud Silas Papare, Jayapura, Lanud Pattimura,  Ambon , Lanud Leo Watimena, Morotai, Lanud Yohanes Kapiyau, Timika dan Lanud D. Dumatubun, Tual.

Selain satuan jajaran TNI AU di atas, vaksinasi massal juga diselenggarakan oleh RSAU dr. Esnawan Antariksa Jakarta, Lakespra dr. Syaryanto, Jakarta dan Batalyon Kesehatan Denma Mabesau, Jakarta.

(Dispenau/ red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *