March 29, 2024

Jelang Kegiatan IMSS, TNI AL Seskoal Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah

Jurnalmetropol.com – Dalam rangka menyambut pelaksanaan kegiatan International Maritime Security Symposium (IMSS) Tahun 2021, dan ulang tahun Jalasenastri Ke-75 Tahun 2021. Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut bersama dengan tim kesehatan Seskoal bekerjasama dengan PMI Tangerang kota menggelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah di Pendopo Yos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, pada Jumat (20/8).

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) turut meninjau kegiatan tersebut dan ikut melaksanakan Kegiatan Donor darah didampingi Wakil Komandan (Wadan) Seskoal Laksamana Pertama TNI Dr. Aria Cakra Wibawa, dan Para Pejabat Utama (PJU) Seskoal dan Patun Dosen Seskoal, Pejabat Seskoal yang hadir juga melaksanakan donor darah.

Pada kegiatan tersebut, Danseskoal menyampaikan bahwa donor darah tersebut merupakan salah satu kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu antara sesama manusia yang sedang membutuhkan transfusi darah.

“Terlebih ditengah pandemi Covid-19 ini, Seskoal bersama-sama memberikan kontribusi darah kepada mereka yang membutuhkan,”jelasnya.

Selanjutnya Komandan Seskoal menyerahkan Cindra mata kepada Ketua PMI Kota Tangerang H. Oman Djumansyah, Komandan Seskoal menerima Piagam penghargaan dari Ketua PMI.

Kegiatan donor darah tersebut menargetkan sebanyak 400 pendonor biasa sedangkan pendonor Plasma konvalesen dengan target sebanyak 100 orang pendonor yang terdiri dari Personel Seskoal dan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 dan Pejabat Utama (PJU) Patun Dosen Seskoal, Prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Warga Komplek Seskoal.

kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 18 s.d 20 Agustus 2021, donor Plasma Konvalesen dan donor darah ini tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun.

Kegiatan ini tentunya selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa selain bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan ternyata donor darah juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi pendonornya, apabila dilakukan secara rutin. Antara lain dapat mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi manfaat lainnya. (jmp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *