Mon. Oct 18th, 2021

Pemkab Jember Launching Angkutan Wisata, Jember Wis Wayahe Tamasya

Foto: Bupati dan Wabup Jember, Hendy Siswanto dan MB Firjaun Barlaman saat melaunching “Angkutan Wisata”, Rabu (15/9/2021)

Jurnalmetropol.com – Bupati dan Wabup Jember, Hendy Siswanto dan MB Firjaun Barlaman melaunching “Angkutan Wisata” di depan Pendopo Wahyawibawagraha Jember, Rabu (15/9/21). Ini merupakan program pemberdayaan transportasi konvensional,

Pada kegiatan tersebut, Bupati Jember dalam sambutannya menyampaikan bahwa potensi angkutan umum (konvensional) cukup besar. Diingatkan lagi meski berada di level 1, Bupati Hendy mengatakan, covid masih ada tetap pakai protokol kesehatan 5 M.

“Sebelum memikirkan wisatawan mancanegara, kita fokuskan pada masyarakat Jember sendiri. Ada dua setengah juta jiwa potensinya,”kata Hendy.

Oleh karena itu, kebiasaan melayani wisata (seperti kepada wisatawan mancanegara) perlu terus dipupuk. “Biasakan bertutur sopan, bersikap ramah dan menjaga kebersihan seperti di dalam kendaraan dan sebagainya,” terang Pemimpin Daerah Jember itu.

Ia menambahkan jika sudah terbiasa begitu maka ketika melayani wisatawan mancanegara sudah memiliki habit (kebiasaan) yang bagus.

Menurutnya, untuk itu perlu ada pelatihan yang berkelanjutan bagi pelaku wisata, semuanya, angkutan umum, hotel, penginapan restoran dan tempat hiburan lainnya.

“Saya mengusulkan “Tiket Terusan”, yang bisa dipakai untuk melayani wisatawan dalam satu tiket. Bahkan jalin kerjasama dengan wilayah luar. Tiket ini bisa juga berlaku selama setahun,”ungkap Bupati Jember.

“Pemkab Jember sedang mengerjakan perbaikan 1.000 km juga untuk mendukung wisata. “Tahun ini kita targetkan tidak ada jalan berlubang,” Hendy menegaskan.

Sebelumnya, Plt Kadishub Kabupaten Jember, Siswanto mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu agenda menyambut Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 September 2021.

Siswanto menjelaskan, sebelumnya ada pelatihan pengemudi umum, publik speaking, kebersihan dan lainnya. Pada launching itu menyertakan angkutan bus wisata 2 unit, angkutan desa 2 unit, becak Wisata 2 dan Ojek Pangkalan. Masing-masing moda angkutan umum konvensional itu berkeliling dengan trayek berbeda menuju destinasi wisata Populer Kabupaten Jember.

“Para penumpang terdiri dari awak media, kelompok sadar wisata dan komunitas peduli wisata. Selama perjalanan memutar lagu khas Jember,”kata Siswanto.

Pada kegiatan tersebut juga Bupati Hendy dan Gus Firjaun sapaan Wabup Jember, mengayuh becak mengitari Alun-Alun Kota. (Sigit)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *