Mon. Oct 18th, 2021

Jerman Makin Minati Karagenan Pinrang, Polandia Tak Mau Kalah

Jurnalmetropol.com, Pinrang – Karantina Pertanian Parepare kembali melakukan pemeriksaan karagenan (produk olahan rumput laut) asal Kabupaten Pinrang di gudang milik PT. PLG, pada Selasa (14/9)lalu. Kali ini, sebanyak 58,5 ton karagenan siap diekspor menuju Jerman dan Polandia.

“Jenis dan jumlah sesuai dengan permohonan, kemasan utuh atau tidak rusak. Setelah seluruh rangkaian pemeriksaan karantina selesai, selanjutnya diterbitkan phytosanitary certificate (PC) yang menyertainya hingga ke negara tujuan,”ungkap Rahmiyati, Pejabat Karantina yang melakukan pemeriksaan.

Di tempat terpisah, Andi Faisal Kepala Karantina Pertanian Parepare mengungkapkan bahwa, Pemeriksaan karantina bertujuan untuk memastikan setiap produk yang diekspor sehat dan memenuhi persyaratan negara tujuan.

“Selain mencegah masuk, keluar dan tersebarnya hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK), Karantina Pertanian Parepare juga memastikan setiap komoditas yang diekspor memenuhi persyaratan negara tujuan,”ungkapnya

Andi Faisal melanjutkan, karagenan asal Kabupaten Pinrang merupakan salah satu komoditas unggulan yang dimiliki saat ini dan rutin diekspor tiga kali dalam sepekan. Kaya akan manfaat, sehingga banyak negara yang meminatinya untuk mendatangkan komoditas tersebut.

Sumber: KarantinaPertanianParepare

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *