Mon. Oct 18th, 2021

Rumah Adat Mekongga, Destinasi Wisata Peninggalan Para Raja

Jurnalmetropol.com – Kolaka adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara. Memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya Rumah Adat Mekongga.

Bentuknya mirip dengan rumah panggung tanpa sekat. Rumah Adat Mekongga merupakan tempat tinggal bagi ketua suku dan raja.

Tinggi bangunan mencapai 60-70 kaki di atas tanah, dengan anak tangga yang berjumlah 30 buah. Jumlahnya melambangkan banyak helai bulu sayap burung kongga (gagak).

Umumnya Rumah Adat Mekongga hanya digunakan untuk acara adat saja. Sehingga tidak jarang rumah adat ini terletak di tengah-tengah hutan dan hanya ditinggali oleh raja serta para keluarganya.

Meskipun rumah adat ini sedikit banyak telah mengalami pemugaran. Namun, tetap tidak meninggalkan ciri khasnya dengan gaya rumah panggung. Dan saat ini Rumah Adat Mekongga telah dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk para wisatawan.

Meski masih dalam kondisi pandemi seperti saat ini, berkunjung ke Rumah Adat Mekongga bisa menjadi salah satu daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tentunya untuk lebih mengenal budaya di setiap daerah. Kita harus bangga karena Indonesia kaya akan budaya daerah.

Sumber: KarantinaPertanianKendari

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *