December 9, 2022

Tepat Waktu Rehab Jalan Desa Sidomukti, Gali Potensi di Dalam Dusun Krajan

Foto: Jalan Dusun Krajan RT 002 RW 010 Desa Sidomukti Kecamatan Mayang sudah selesai direhab

Jurnalmetropol.com – Rehabilitasi (peningkatan) jalan di RT 002 RW 010 Dusun Krajan Desa Sidomukti Kecamatan Mayang, Jember, berjalan sesuai target yang direncanakan. Proyek rehab jalan dimulai 1 Juli hingga 28 September 2021 sudah selesai dan bisa digunakan oleh masyarakat.

Kepala Desa Sidomukti, Sunardi Hadi, dihubungi lewat telepon selular mengatakan, proyek pemeliharaan berkala jalan Dusun Krajan berjalan lancar.

“Pengaspalan ulang bersumber dari APBD mas,” jawab Sunardi Hadi dari telepon, Jum’at (1/10/2021).

Melihat papan pengerjaan proyek yang dipasang, nilai proyek Rp. 193.167.000 dikerjakan oleh CV. Yasa Pratama. Nilai tersebut tidak dilelang tetapi dengan sistem Penunjukan Langsung (PL). Sumber pendanaan berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun Anggaran 202 (DAU merupakan salah satu komponen belanja pada APBN, dan menjadi salah satu komponen pendapatan pada APBD) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jember yang dipimpin oleh Bupati Hendy Siswanto (Hendy dilantik 26 Februari 2021).

Foto: papan pengerjaan proyek rehabilitasi jalan

Kades Sidomukti menjelaskan lebih jauh, dengan diaspal kembali jalan Dusun Krajan dapat meningkatkan potensi warga sekitar. Di sepanjang jalan tersebut di huni warga dengan pekarangan yang ditanami pisang dan tanaman holtikultura seperti sengon dan Jabon.

Jalan dengan lebar 2,5 meter itu direhab sepanjang 438 meter secara bersambung (tidak terputus). Selebihnya jalan Dusun Krajan dalam kondisi masih layak (tidak berlobang-lobang). Di ujung jalan satu sisinya merupakan lereng (berkisar 100- 125 meter) dan selebihnya landai.

Seperti diketahui Desa Sidomukti terbagi hanya 2 Dusun, Krajan dan Ledok. Desa yang baru berumur 14 tahun itu memiliki topografis berbukit dan berada di tengah (bukan dipinggir jalan Nasional) di antara Desa Sumber Kejayan, Tegalwaru dan Seputih.

Sunardi berharap dengan pembangunan jalan desa yang ia pimpin semakin maju. Masih ada ruas jalan lain di desa Sidomukti yang perlu diaspal.

Sementara itu Plt Kadiskominfo, Bobby Ari Sandy, ketika dihubungi lewat telepon mengatakan, Bupati Hendy sejak dilantik menjadi Bupati memprioritaskan pembangunan jalan.

“Program Bupati yang kategori multiyear yaitu pembangunan seribu kilometer jalan aspal sudah disetujui oleh Dewan (DPRD),”kata Bobby yang juga menjabat Camat Gumukmas itu. (Sigit)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *