Mon. Oct 18th, 2021

Desa Harjomulyo Ditarget Jadi Desa Layak Anak

Foto: Sosialisasi, Penyuluhan dan pembentukan Satgas serta Forum Anak Desa di Harjomulyo Kecamatan Silo

Jurnalmetropol.com – Desa Harjomulyo Kecamatan Silo di Kabupaten Jember akan dijadikan Desa Layak Anak oleh Pemkab Jember. Hal ini terungkap saat kegiatan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) mengadakan acara penyuluhan, sosialisasi dan pembentukan Satgas dan Forum Anak Desa (FAD) di Balai Desa Harjomulyo, Sabtu (2/10/2021).

Kepala Bidang Perlindungan Anak DP3AKB Kabupaten Jember, Joko Sutriswanto mengatakan, Desa Harjomulyo saat ini belum masuk menjadi Desa Layak Anak (DLA).

“Dibutuhkan dua organisasi sebagai syarat Desa Layak Anak, satu Gugus Tugas Desa Layak Anak dan Forum Anak Desa,”ucap Joko saat rehat pada kegiatan di Balai Desa Harjomulyo saat itu.

Ia menjelaskan, Gugus Tugas DLA adalah menfasilitasi keinginan anak seperti Pojok Literasi atau pengadaan WiFi di alun-alun desa untuk disalurkan kepada Pemerintah Desa lewat Musyawarah Desa dengan sumber dana DD atau ADD sesuai peraturan yang sudah ada.

Sedangkan Forum Anak Desa bertujuan menjadi wadah kreatif anak desa dalam bersuara, menginginkan pembangunan desa seperti harapan mereka. Kedua, mereka menjadi pelopor dan pelapor. Pelopor tingkah laku yang baik dan pelapor atas tindakan yang kurang baik seperti bullying, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

Joko menegaskan status Desa Harjomulyo, “Segera menjadi Desa Layak Anak setelah terbentuk dua organisasi tersebut berdasarkan SK dari Kepala Desa.”

Awalnya ada rencana kegiatan KIE Kreatif dari DP3AKB yaitu menggelar kesenian daerah khas Jawa Timur, ‘Ludruk’. Atas berbagai masukan, acara digelar malam hari, pagi dan siangnya digunakan acara sosialisasi, penyuluhan dan pembentukan Satgas dan FAD. Pagelaran Ludruk untuk tujuan sosialisasi Keluarga Berencana (KB).

Dengan semakin banyaknya DLA bisa mendongkrak status Jember menuju Kabupaten Layak Anak. Saat ini posisi Kabupaten Jember pada rating kedua yaitu level Madya. Level paling bawah Pratama. Sedangkan level tiga Nindya lalu Utama baru pada level atas, Kabupaten Layak Anak.

Foto: Kades Harjomulyo, Kartono

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Harjomulyo, Kartono menyambut gembira kegiatan tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Bupati yang sudah menempatkan program (DP3AKB) di Desa kami agar perempuan dan anak tahu hak-haknya agar masyarakat kami ada bekal menjadi lebih baik,”kata Kartono. (Sigit)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *