Mon. Oct 18th, 2021

Jalan Aspal di Depan TPA Pakusari Dimuluskan oleh Bupati Hendy

Foto: pengerjaan peningkatan jalan Desa Kertosari-Sumberpinang persis di depan TPA Pakusari

Jurnalmetropol.com – Jalan aspal di depan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pakusari direhab dan ditingkatkan kualitasnya oleh Bupati Jember Hendy Siswanto.

Proyek peningkatan jalan Desa Kertosari-Sumberpinang itu tepat berada di depan pintu TPA Pakusari.

Saat awak media memantau, proyek sedang dikerjakan dan hampir selesai. Tinggal menyisakan beberapa ratus meter dari total 840 meter yang rencananya akan diselesaikan.

Penanggung jawab pelaksanaan pekerjaan di lokasi, Fauzan, lewat mandor proyek, Andrik mengatakan, pekerjaan proyek tinggal beberapa ratus meter saja. “Sampean bisa lihat sendiri, itu ada patok (kayu) yang ada angka meterannya,”katanya sambil menunjukkan patok kayu di pinggir jalan, pada Jum’at (1/10/2021).

Hasil pantauan di lokasi saat awak media Jurnal Metropol turun, pekerjaan menyisakan kurang lebih 200-an meter lagi hingga di ujung jalan (tepat di simpang empat jalan desa) di sisi selatan TPA.

Foto: papan pengerjaan proyek peningkatan jalan Desa

Pemenang tender dengan kode 7402200 adalah CV Kartika Kirana yang beralamat di Perumahan Taman Gading K-10. Pekerjaan konstruksi berupa peningkatan jalan desa dimenangkan dengan harga negosiasi Rp. 918.152.276,35 (Sembilan ratus delapan belas juta seratus lima puluh dua ribu dua ratus tujuh puluh enam rupiah tiga puluh lima sen).

Sumber pendanaan berasal dari APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Jember dari pos Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2021.

Dengan adanya peningkatan jalan tersebut akan membantu peningkatan potensi TPA Pakusari.

Seperti diketahui TPA di Pakusari bukan hanya sebagai penampungan terakhir sampah khususnya dari warga Kota Jember tetapi juga pengolahan (pemilahan sampah organik dan anorganik), biogas, UMKM berbahan dasar limbah. Dan, paling akhir TPA juga menyediakan tempat wisata gratis bagi masyarakat Jember dan sekitarnya.

Tumpukan sampah yang menggunung disulap menjadi pasif area (green zona) sebagai Taman Edukasi. Di tengahnya ada replika Dinosaurus dan Motor Gede (Moge) berbahan dasar limbah (ban, timba dan besi bekas).

Sementara itu Kepala UPT TPA Pakusari, RM Masbut menyambut baik pekerjaan jalan itu.

“Terus terang ini dapat menambah antusias warga berkunjung ke TPA sebab di sini bukan saja akhir pembuangan sampah tetapi juga ada sarana wisata edukasinya,”kata Masbut sapaan sehari-harinya, Sabtu (2/10/2021) lewat telepon. (Sigit)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *