Mon. Oct 18th, 2021

Sebanyak 117.000 Janda di Jember jadi Kepala Keluarga

Foto: ilustrasi perempuan yang menjadi kepala keluarga

Jurnalmetropol.com – Mengejutkan. Ternyata ada ratusan ribu janda di Jember harus menanggung beban hidup menjadi kepala keluarga. Informasi itu disampaikan oleh Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana lewat Kabid Perlindungan Anak DP3AKB, Joko Sutriswanto saat melakukan sosialisasi, penyuluhan dan pembentukan Satgas Anak dan Forum Anak Desa di Balai Desa Harjomulyo Kecamatan Silo, pada Sabtu (2/10/2021).

Joko mengatakan, “Untuk PEKA (Perempuan Kepala Keluarga atau Janda-janda) kami punya data sebanyak seratus tujuh belas ribuan (117.000) orang”.

DP3AKB akan mengupdate terus jumlah mereka, salah satunya ketika mengadakan acara di Silo yaitu penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB) dan pembentukan Desa Layak Anak di Desa Harjomulyo.

“Kami memberdayakan para janda sebagai kepala keluarga untuk dapat berusaha sendiri (usaha sendiri) seperti mracang, mlijo dan lain sebagainya sesuai keahlian mereka,”kata Joko.

Ia menyayangkan belum adanya anggaran buat janda-janda yang menjadi kepala keluarga itu. “Anggaran buat PEKA, Bintek-bintek, seperti menjahit, bordir, belum ada,”ungkap Joko.

Ia akan mencoba membuat proposal anggaran agar intervensi Pemkab Jember lebih besar lagi. “Data ini (117.000) nanti akan kami ajukan ke tim anggaran. Mudah-mudahan DP3AKB tahun 2022 difasilitasi anggarannya sehingga ada program Bintek buat mereka,”harap Joko.

Seperti tahun-tahun lalu ada bintek menjahit, bordir, tata rias manten, tata rias rambut, membuat kue dan lainnya. Khususnya sangat dibutuhkan masyarakat (PEKA) di desa, akunya.

Tingginya jumlah janda yang menjadi kepala keluarga (PEKA) di Jember tentunya signifikan dengan angka perceraian di Pengadilan Agama Jember. Hal ini perlu mendapat perhatian serius dari Pemkab agar bisa memperkecil sehingga kesejahteraan keluarga semakin meningkat. (Sigit)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *