Mon. Oct 18th, 2021

Kadispotmaral Resmi Buka Perkemahan Pelantara-10 TA 2021 

Jurnalmetropol.com – Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., bertindak sebagai inspektur upacara pada pembukaan perkemahan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 10 Tahun 2021, yang digelar di Lapangan Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua, Manado, Senin (4/10/21).

Dalam amanatnya, Kadispotmaral mengatakan bahwa kegiatan Pelantara-10 merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut melalui pembinaan dan pengembangan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari dalam rangka “National Charakter Building”.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pembinaan generasi penerus bangsa anggota Saka Bahari dilaksanakan dalam bentuk kegiatan perkemahan dan pelayaran menggunakan Kapal Perang TNI AL atau KRI, dengan menyinggahi pulau-pulau terdepan di wilayah NKRI dan melaksanakan perkemahan pesisir di tepi pantai.

“Namun dikarenakan pada saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi covid-19, kegiatan Pelantara menyesuaikan kondisi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tegasnya.

Melalui kegiatan Pelantara, Kadispotmaral berharap dapat tercapai terwujudnya rasa kesadaran bela negara dan cinta tanah air, terwujudnya pengetahuan dan ketrampilan olahraga perairan, potensi laut dan pengolahan hasil laut.

Disamping itu Kadispotmaral menegaskan dengan Pelantara diharapkan dapat terwujudnya kesadaran sosial dan kepedulian untuk pelestarian lingkungan hidup daerah pesisir serta terbentuknya sikap disiplin dan berperan aktif sebagai kader bangsa dalam mempertahankan NKRI dan membangun bangsa di bidang kemaritiman.

Menghakhiri amanatnya, Kadispotmaral mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi pada kegiatan Pelantara-10 Tahun 2021 ini.

Ia juga berharap semoga kegiatan tersebut terlaksana dengan baik, lancar dan dalam setiap kegiatan mengutamakan zero accident dan yang tak kalah penting teap memperhatikan protokol kesehatan dalam memutus penularan covid-19.

Pada upacara tersebut secara simbolis Kadispotmaral mengalungkan tanda peserta sebagai dimulainya kegiatan, serta penyerahan alat kebersihan dan alat pendukung lainnya selama pelaksanaan Pelantara-10 Tahun 2021. Pelantara-10 Tahun 2021 rencananya akan digelar selama lima hari dengan beberapa kegiatan diantaranya perkemahan, pelayaran, kepramukaan, Leadership, kegiatan keagamaan, jumpa tokoh, wisata bahari dan bakti sosial, dengan mengambil lokasi di beberapa tempat antara lain Mako Lantamal VIII, Kampung Bahari Nusantara Talise dan Satrol Lantamal VIII.

Usai upacara, Kadispotmaral didampingi Danlantamal VIII dan pejabat Mako Lantamal VIII meninjau lahan ketahanan pangan Mako Lantamal VIII. Di tempat tersebut, bersama peserta Pelantara-10 dan pengasuh melaksanakan panen cabe merah yang telah ditanam sejak bulan Juni 2021. Penanaman cabe di lahan tersebut merupakan langkah Lantamal VIII dalam menjaga ketahanan pangan, terlebih pada pandemi covid-19.

Selanjutnya bertempat di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal VIII, Kadispotmaral didampingi Aspotmar Danlantamal VIII memberikan pembekalan kepada peserta Pelantara-10 Tahun 2021. Dalam arahannya ia mengajak seluruh peserta agar menumbuhkan kembali semangat sebagai bangsa bahari dan cinta tanah air. *(jmp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *