Mon. Oct 18th, 2021

Jember Kembali ke Level 3 PPKM Mikro, Gara-gara Capaian Vaksin 

Foto: Pers Rilis Satgas Covid-19 Kabupaten Jember

Jurnalmetropol.com – Setelah capaian Vaksin Covid-19 dimasukkan ke dalam indikator penentuan zona suatu daerah, Kabupaten Jember kembali masuk dalam Level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Pemkab Jember lewat Satgas Covid-19 Kabupaten yang disampaikan oleh Plt Kadinkes, dr Lilik Lailiyah mengatakan, Kabupaten Jember kembali masuk level 3 PPKM Mikro.

“Hari ini kita mendapat kabar kurang menggembirakan, Kabupaten Jember kembali turun ke level 3,”ucap dr Lilik Lailiyah didampingi Plt Kadis BPBD, Kabagops Polres Jember, Kabagops Kodim, Sekretaris Sat Pol PP, Plt Kadis Kominfo, Selasa (5/10/2021) pukul 15:30 WIB di lantai bawah Gedung Pemkab Jember.

Menurut penjelasan dr Lilik, berdasarkan Inmendagri no. 47, akan turun ke level 3 apabila pencapaian vaksin kurang dari 50% (dosis pertama) dan vaksin lansia kurang dari 40% dari total 1.900.000-an orang (Herd Immunity Kabupaten Jember).

Ada 4 aspek dalam pencapaian vaksin, dr Lilik menambahkan penjelasannya. Pertama ketersediaan vaksin, kedua Vaksinator, ketiga sasaran dan keempat adalah sistem pelaporan.

“Hari ini kita distribusikan dua puluh sembilan ribu dosis (pertama). Besok kita ambil lagi ke Surabaya (Provinsi Jatim) karena memang sudah habis,” ucapnya.

Untuk Vaksinator, ia akan membuka kesempatan bagi tenaga nakes selain dari Dinkes seperti, Vaksinator TNI, nakes yang ditempatkan di Isoter (jumlah warga di Isoter jauh berkurang) dan dari instansi lain termasuk dari sekolah kesehatan.

Sedangkan sasaran, akan diupayakan sistem “gropyok” atau mendatangi warga. Sistem jemput bola itu khususnya bagi warga di pedesaan. Bupati Hendy, menurut dr Lilik, menargetkan setiap Kades mencari 100 orang untuk segera divaksin.

Pada aspek keempat, dr Lilik beralasan ada ketidaksamaan data di KPCPEN dengan data manual di Satgas Kabupaten. “Selisihnya mencapai tujuh ribuan, ini sedang kita perbaiki,” akunya.

‘Data di lapangan berdasarkan laporan dari pos-pos pelayanan vaksin, beberapa e-KTP sasaran tidak masuk ke dalam sistem. Hal ini sudah dibicarakan dengan Kadispendukcapil,” kata dr Lilik lagi.

Oleh karenanya Satgas Covid-19 Kabupaten Jember berharap hambatan-hambatan dalam pencapaian vaksinasi segera teratasi sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama Jember bisa masuk ke level 2 atau bahkan ke level 1.

(Sigit)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *