Mon. Oct 18th, 2021

Arti Pentingnya MoU Pemkab dengan Pengadilan Agama Jember

Foto: jumpa pers usai penandatanganan MoU antara Pemkab dengan Pengadilan Agama Jember

Jurnalmetropol.com – Bupati Hendy menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ach Nurul Huda, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Jember, di ruang Pancakarana, Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis (07/10/2021).

Nota Kesepahaman tersebut sangat penting untuk mengatasi berbagai persoalan keluarga (baca, akibat pernikahan dini) yang tidak sesuai UU No.16 Tahun 2019.

Bupati Hendy kepada awak media, usai penandatanganan, mengatakan bahwa kesepakatan (kesepahaman) dengan PA dilatarbelakangi oleh tingginya perceraian dan pernikahan dini di Jember.

“Kita tidak boleh pandang sebelah mata tentang hal itu. Resikonya itu harus kita tangkap bahwa dengan kegiatan positif dimana posisi Jember angka stunting kita terbesar, angka kematian ibu dan bayi juga tinggi. Ini disebabkan dari pernikahan dini,”ungkap Bupati Hendy.

Akibatnya, persoalan ekonomi berdampak luas pada keluarga sehingga bila tidak terpenuhi maka berbagai persoalan muncul, ibu hamil kurang gizi, kematian ibu saat melahirkan, kematian bayi bahkan sampai perceraian.

“Kita ambil bagian-bagian yang bisa kita maintenance, jangan sampai orang yang mau menikah tidak ada pelatihan,”pungkas Hendy Siswanto.

Sementara itu Ach Nurul Huda, Ketua PA Kabupaten Jember mengatakan, ada beberapa kegiatan yang akan dikerjasamakan dengan Pemkab.

“Ada pelayanan langsung kepada masyarakat desa yaitu ‘Kelana Desa’, pengadilan langsung hadir langsung di desa,”ungkap Nurul.

Warga desa bisa mendaftarkan permohonan perceraian mengikuti sidang di tempat hingga mendapatkan produk hukum langsung di desa. Layanan tersebut secara online. Kelebihan yang lain adalah biayanya lebih murah.

Yang lebih penting lagi, ungkap Nurul, yaitu kegiatan ramah ibu dan anak (Yamuna) yang akan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (DP3AKB).

Dengan kerja sama tersebut diharapkan angka stunting, AKI dan AKB di Jember bisa menurun sehingga grade Kabupaten Jember naik ke tingkat lebih tinggi. (Sigit)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *