Thu. Dec 2nd, 2021

Lovepink Jember dan Rumkit Baladhika Husada Gelar USG Payudara Gratis, Bupati Hendy Apresiasi

Foto: Bupati Hendy menyerahkan ijin kepada Kepala Rumkit Baladhika Husada, Letkol Ckm dr Mahyudi, SPM, M.Kes, atas layanan Ultrasonografi

Jurnalmetropol.com – Lovepink Jember bekerja sama dengan Rumah Sakit Baladhika Husada atau lebih dikenal RS DKT Jember menggelar aksi sosial yaitu layanan Ultrasonografi (USG) bagi warga tidak mampu. Upaya tersebut diapresiasi oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Dalam sambutannya Bupati Hendy mengatakan, betapa pentingnya edukasi bagi masyarakat tentang pengetahuan kanker payudara khususnya pendeteksian dini lewat USG.

“Masih sebagian kecil dari masyarakat kita yang tahu bagaimana mendeteksi dini penyakit kanker ini. Kami sangat mendukung program ini sepenuhnya,” kata Hendy Siswanto Bupati pilihan sebagian masyarakat Jember itu.

Menurut Hendy, yang namanya penyakit di jaman sekarang ini bukan hanya di kota tapi di desa. Demikian pula penyakit kanker payudara. “Jangan sampai pasien yang divonis lalu down. Kita harus kuat. Seperti saat menghadapi Covid-19, kita antisipasi dengan vaksinasi dan juga protokol kesehatan. Insyaallah kita bisa berdamai dengannya,”kata Hendy Siswanto dari depan podium di hadapan hadirin, Sabtu pagi (16/10/2021).

Bupati Jember berharap para penyintas (kanker payudara) berbagi pengalaman kepada masyarakat lainnya. Ia juga mendukung program-program Lovepink khususnya bagi masyarakat miskin.

Ketua Lovepink Jember, Prana mengatakan, USG payudara diberikan secara gratis kepada 1000 orang secara nasional. BPJS Kesehatan, seperti diketahui bersama, tidak mengcover layanan USG kanker payudara.

“Kami (Lovepink) di Jember mengusahakan dua ratus orang dari penjuru Kabupaten dan kita fasilitasi (gratis),”kata Prana kepada awak media usai acara seremonial.

Lovepink Jember tidak hanya berhenti pada USG saja tetapi ketika ditemui adanya gejala kanker, Lovepink mendampingi pasien hingga mendapatkan perawatan dan pengobatan. Jika sudah memiliki fasilitas BPJS Kesehatan akan dibantu hingga operasi. Jika belum terdaftar maka akan dicarikan sponsor sehingga pasien diupayakan mendapatkan layanan tersebut secara gratis.

“Kita sudah memasuki hari ketiga dari target perhari dua puluh orang. Hari ini ada satu pasien yang menjalani operasi pasca USG didapati positif kanker,” katanya bangga.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati hari Kanker Payudara Sedunia yang diperingati pada setiap Bulan Oktober.

Sementara itu Kepala Rumkit Baladhika, Letkol Ckm dr. Mahyudi, SPM, M.Kes mengatakan bangga dan senang bisa berkolaborasi dengan Lovepink dan Pemkab Jember.

“Kami bekerja sama dengan Lovepink Jember dan kami menyediakan tempat sarana USG dan tenaga kesehatan. Lain-lainnya dikoordinir oleh Lovepink,” kata Letkol Mahyudi.

Bagi Rumkit Baladhika Husada kegiatan itu juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kesehatan Angkatan Darat TNI.

Selain baksos USG Payudara Rumkit Baladhika Husada dan Lovepink masih ada kegiatan lanjutan yaitu Webinar terkait deteksi dini kanker payudara yang diikuti oleh kalangan prajurit AD dan masyarakat. (Sigit)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *