Thu. Dec 2nd, 2021

Seminar Memperingati HUT ke-7 Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Jurnalmetropol Jakarta – Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti genap berusia tujuh tahun. Peringatan HUT ke-7 Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti kali ini bertemakan “Tumbuh dan Berkembang untuk Kemasyhuran Negeri”.  Senin (18/10/2021).

Tema tersebut menyiratkan makna bahwa Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti dalam perjalanannya akan terus berkembang sesuai dengan tujuan pendiriannya yakni tempat yang menyimpan jejak langkah kepemimpinan para Presiden Republik Indonesia yang telah purna bakti. Lebih luas lagi, dalam skala nasional, Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti ke depannya diharapkan dapat menjadi pusat studi Kepresidenan.

Dalam peringatan hari jadinya yang ketujuh ini, Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti menyelenggarakan serangkaian acara. Rangkaian acara peringatan telah dimulai sejak tanggal 12 Oktober 2021 ditandai dengan peluncuran film “Kado Istimewa” yang diproduksi oleh Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti.

Rangkaian acara kedua diselenggarakan pada tanggal 18 Oktober 2021 tepat di tanggal pendirian museum antara lain peluncuran jingle Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, Monolog terkait dengan Pembangunan Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, serta Seminar dengan tema “Museum Kepresidenan Kini, Dahulu, dan Nanti”.

Seminar dalam rangka memperingati HUT ketujuh Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti ini menghadirkan beberapa pembicara antara lain Judi Wahjudin (Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan) sebagai pembicara kunci, Gusti Kanjeng Ratu Bendara (Penghageng Kawedanan Hageng  Punakawan Nityabudaya), Rusdhy Hoesein (Sejarawan), dan Olivia Zalianty (Pekerja Seni).

Seminar ini juga akan dibuka oleh Irini Dewi Wanti (Direktur Pelindungan Kebudayaan).

Selain itu, pada acara ini akan ditampilkan pula video-video ucapan dari para Wakil Presiden yang telah purnabakti.

Pada tahun 2021 ini, Museum  Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti berhasil mendapatkan hibah koleksi dari para Wakil Presiden Republik Indonesia yang telah purnabakti yakni Wakil Presiden ke-4 Umar Wirahadikusumah, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, dan Wakil Presiden ke-11 Boediono.

Koleksi yang dihibahkan antara lain pakaian, buku, dan foto-foto yang semakin menambah keberagaman koleksi Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti.

Ke depannya, koleksi tersebut akan dipamerkan secara bertahap di ruang pamer Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti.

Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti terus berupaya agar kegiatan yang diselenggarakan dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Melalui rangkaian kegiatan peringatan HUT ketujuh ini diharapkan masyarakat dan generasi muda untuk lebih mencintai museum dan juga menjadikan inspirasi atas prestasi terbaik yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, sesuai dengan visi misi Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti yaitu mewujudkan museum yang representatif dalam melestarikan dan mengkomunikasikan nilai – nilai perjuangan Presiden Republik Indonesia. untuk memperkokoh karakter dan jati diri bangsa. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *