April 18, 2024

TNI AL Ikuti Asean Defence Minister Meeting (ADMM)

Jurnalmetropol.com, Jakarta – TNI Angkatan Laut (TNI AL) diwakili Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waasops Kasal) Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr. (Han)., mendampingi Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra selaku Ketua Delegasi dalam Asean Defence Minister Meeting (ADMM) yang diselenggarakan secara virtual dari Gedung Bhineka Tunggal Ika, Kemenhan RI, pada Rabu (10/11).

ADMM merupakan pertemuan antara para pejabat Menteri Pertahanan se-ASEAN yang diselenggarakan setiap tahun dengan kepemimpinan / chairmanship mengikuti rotasi chairmanship negara dalam ASEAN.

Pertemuan ADMM retreat ini menjadi sarana bertukar pandangan mengenai masa depan ADMM, diantaranya meliputi tantangan keamanan yang semakin kompleks dan berkembang serta area kerja sama yang dapat dikembangkan.

Selain perwakilan dari TNI AL pertemuan ini juga diikuti Sekjen Kemhan, Rektor Unhan, Ketua LPPM Unhan, Deputi Pollugri Kemenko Polhukam, Dirjen Kerma ASEAN Kemenlu, Asintel Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Kapuskersin TNI, Kapusdatin TNI, dan Karo Humas Setjen Kemenhan.

Disela-sela ADMM retreat juga dilaksanakan dua informal meeting yaitu dengan Kementerian Pertahanan Australia dan Republic of Korea (ROK) yang kesemuanya juga menjadi sarana pertukaran pandangan tentang kemitraan, dan tindakan serta pendekatan lebih lanjut untuk menetapkan jalur yang saling menguntungkan bagi kerja sama keamanan regional serta membahas tentang kerjasama multilateral dalam mengatasi ancaman keamanan non-tradisional, keamanan maritim, dan penanggulangan bencana.

Keikutsertaan TNI AL dalam forum ini merupakan tindak lanjut arahan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam meningkatkan diplomasi TNI AL. Hal tersebut juga merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Sumber: Dispenal

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *