Thu. Dec 2nd, 2021

Eks Ketua Umum Kebugis: Alhamdulillah Akhirnya Aklamasi Terwujud

Jurnalmetropol.com – Musyawarah Besar Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (KEBUGIS) telah terlaksana dengan baik dan sukses memilih secara aklamasi Ketua Umum Baru, H. Mashur Bin Mohammad Alias, S.H., M.Si. untuk masa bakti 2021-2026 di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Minggu (21/11/2021).

KEBUGIS adalah salah satu pilar BPP KKSS, dibentuk tahun 2014. Dilantik dan dikukuhkan oleh BPP KKSS pada tanggal 18 April 2015 di Jakarta, Ketua Umum Pertama adalah Irjen Pol (Purn) Dr. M. Said Saile, M.Si., didamping oleh M. Saleh Mude sebagai Sekretaris Jenderal dan Mashur Bin Mohammad Alias, Bendahara Umum, untuk masa bakti 2015-2021.

Mubes Pertama telah berjalan lancar dan sukses, meskipun ada dinamika dan riak-riak demokrasi sempat mewarnai Mubes KEBUGIS. Itu hal biasa dalam forum tingkat tertinggi, sekelas Mubes atau Munas.

Dari awal M. Said Saile telah menyatakan hanya satu periode. “Saya cukup sudah memimpin dan mengantar KEBUGIS selama hampir enam tahun atau 77 bulan. Saya berjanji pada diri saya sendiri dan keluarga saya,”kata Said Saile pada sambutannya di Pembukaan Mubes-1 sehari sebelumnya.

Dinamika

Fenomena dinamika dan revalitas dua kubu calon ketua umum muncul di hari pertama Mubes KEBUGIS, kubu Mashur yang sudah dari awal sudah mengantisipasi, dan betul muncul kubu penantang baru, Surianto, seorang saudagar batubaru asal Kalimantan Selatan. Kedua kubu dan pendukung sempat bersitegang, dan saling mengklaim akan menjadi pemenang, dan bahkan muncul isu, ada pengerahan massa dari luar.

Sebagian peserta, ketua-ketua wilayah ingin meredahkan ketegangan suasana, menawarkan solusi, kembali meminta kepada Said Saile untuk kembali mencalonkan diri tapi Said Saile menolak, “saya tidak ingin mengingkari janji pada diri saya”.

Said Saile pun langsung mengambil inisiatif, menemui kedua calon secara terpisah. Said mengaku berhasil meyakinkan Surianto agar mundur secara terhormat untuk memberikan kesempatan pertama kepada Mashur.

Surianto pun luluh, mengiyakan, dan meminta kesempatan agar dirinya dapat memberikan kalimat pernyataan di podium, sekaligus memohon maaf kepada pendukungnya. Seisi ruangan pun bertepuk tangan secara bergemuruh. Surianto berhasil mundur karena nasihat M. Said Saile.

Akhirnya, ketegangan di arena Mubes KEBUGIS meredah dan sepakat memilih Mashur Bin Mohammad Alias secara aklamasi. Semuanya mendukung dan pimpinan Sidang pun, Dr. Mansyur Achmad mengetuk palu, simbol pengesahannya Mashur sebagai Ketua Umum untuk masa bakti 2021-2026.

“Saya bersyukur, ikhtiar dan harapan saya kepada semua pemilik suara di Mubes-1 KEBUGIS untuk memilih Ketua Umum pengganti saya secara aklamasi dapat terwujud, Pak Mashur terpilih secara aklamasi. Alhamdulillah”, pungkas M. Said Saile melalui telepon ke penulis.

Terima kasih Pak Jenderal M. Said Saile. Bapak akan selalu dikenang sebagai perintis, Ketua Umum Pertama, dan pembesar KEBUGIS.

Hartford, 21/11/2021 (M. Saleh Mude)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *