Thu. Dec 2nd, 2021

Warga Lumbis Pesiangan Harap Wisata Gerbang Satria Jadi Destinasi Andalan Indonesia

Jurnalmetropol.com – Gubernur Kalimantan Utara, Zainal A. Paliwang secara resmi membuka paket wisata Gerbang Satria (Gerakan Pembangunan Pariwisata Riam red).

Didampingi Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, orang nomor satu di jajaran Pemprov Kaltara itu membuka destinasi wisata yang berbatasan langsung dengan Sabah Malaysia tepatnya di Kecamatan Pasiangan Lumbis Kabupaten Nunukan.

Camat Lumbis Pasiangan, Lumbis, S.Sos mengatakan, paket wisata Gerbang Satria merupakan gerakan nasionalisme warga perbatasan yang diharapkan dapat memperkenalkan ragam budaya, kearifan lokal dan sumber daya alam Indonesia di pergaulan internasional.

Kata dia, wisata Gerbang Satria memiliki arus sungai yang cukup deras dengan panjang kurang lebih 80 kilo meter.

“Sungai ini melintasi satu kecamatan dan puluhan desa dan untuk mengarunginya dibutuhkan waktu kurang lebih selama tiga jam lebih,” ujar Camat Lumbis, Senin (22/11/21).

Lanjutnya, selama perjalanan menuju lokasi, wisatawan akan disuguhkan pemandangan hutan alami yang memiliki daya tarik tersendiri.

“Menikmati sejuknya suasana alam bebas dan mengarungi derasnya air sungai dengan berbagai rintangan menjadi keseruan tersendiri dari wisata ini,”ujarnya lagi.

Dia juga mengatakan bahwa wisata arung jeram ini memiliki arus dan medan yang cukup menantang sehingga aktivitas rafting di sini akan didampingi oleh guide dan tim penyelamat yang berpengalaman.

Diketahui jika pengembangan wisata berbasis desa perbatasan negara ini merupakan ide dari Camat Lumbis Pensiangan dan didukung oleh lima kepala desa.

Menurutnya, di lokasi wisata, para wisatawan lokal dan asing dapat memilih berbagai macam oleh-oleh hasil olahan asli Kalimantan produksi Ibu-ibu PKK.

“Masyarakat akan diberdayakan sebagai upaya pengembangan kemandirian dan kesejahteraan desa,” imbuhnya.

Uniknya jelas Lumbis, destinasi wisata yang masuk dalam Daerah 3T ini belum terkontaminasi budaya luar sehingga masih berbau tradisional yang sangat kental dengan adat istiadat serta terjaga sumber daya manusia dan alamnya.

Dia berharap, kedepan paket wisata Gerbang Satria yang didukung dengan Pelabuhan Lintas Batas Negara akan menjadi destinasi wisata andalan Ibu Kota Negara.  (Dxn)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *