Thu. Dec 2nd, 2021

Sanggar Literasi Sulawesi Selatan Turut Meriahkan Pameran HGN Sulsel 2021

Jurnalmetropol.com – Pelaksanaan pameran Hari Guru Nasional 2021 berlangsung dari tanggal 25-27 November 2021 berpusat di Mall Nipah Makassar.

SMA Negeri 3 Pinrang turut hadir meramaikan dalam pameran karya guru dan siswa yang diselenggarakan di Mall Nipah Makassar Jalan Urip Sumiharjo.

Sebelumnya didahului dengan launching aplikasi yang diresmikan oleh Bapak plt Gubernur Sulawesi Selatan dan kadisdik Sulsel beserta semua guru dan pengawas yang mendapatkan penghargaan di HGN 2021.

SMA Negeri 3 Pinrang yang dipimpin oleh Abdul Wahid, S.Pd, M.Pd menampilkan Abon Cakalan atau BONCA peserta juara nasional FIKSI (Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa), pesertanya diwakili oleh Wahyuni Bakri didampingi oleh Eka Febriana, S.Pdi. Karya guru yang diikutkan dalam pameran ini adalah 5 judul buku karya Dra. Sitti Dahlia Azis, yang sudah disatukan di stand SMKN Ahmad Dahlan Pinrang.

Baur Dalam Pesona Aksara bunga rampai sastra yang berisi Puisi Akrostik, puisi bebas, pentigraf dan Quotes merupakan buku perdana dari sanggar literasi Sulawesi Selatan, dan buku Bias Kasih Dalam Pantun Abdul Wahid Nara, dan kawan-kawan.

Sanggar Literasi Sulawesi Selatan yang digagas oleh Sitti Dahlia Azis (guru PPKn SMAN 3 Pinrang) dan Muhammad Sultan (Guru Kimia SMAN 5 Bulukumba). Penasehat SLSS, Abdul Wahid, SPd, M.Pd berlogo Pinisi yang sedang berlayar dengan tali tambang yang melingkar, slogan “Tuangkan Idemu, bukukan karyamu” bertujuan mengemban literasi baik daerah maupun nasional.

“SLSS mengedukasi dan latihan di grup Facebook anggota 395 orang, sedangkan grup Whatshapp beranggotakan 85 orang. Untuk grup WhatsApp anggotanya mayoritas guru penulis yang produktif. Dalam 15 hari drap naskah buku I sudah mencapai 185 halaman, ditulis oleh 23 anggota, sedang buku II (pantun solo dan bersambut) berisi 215 halaman diselesaikan dalam waktu 24 hari, diedit oleh founder lalu file dikirim ke penerbit,”begitu laporan founder_SLSS kepada wartawan.

“Sangat menyenangkan berada di acara ini saya bisa melihat langsung wajah Bapak Plt Gubernur, Bapak Plt Kadisdik Sulsel dan guru dan pengawas berprestasi dan sangat bersyukur ketika stand kami dikunjungi beberapa Kepala Sekolah, dosen dan pengawas, anggota SLSS dan alumni SMAN 3 Pinrang,”tutup Dahlia diakhir pernyataannya pada kegiatan tersebut. (sda/jmp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *