September 29, 2022

KSAL: Sangatlah Penting Membangun Kemistri Prajurit dengan Senjatanya

Jurnalmetropol.com — “Sangatlah penting untuk membangun kemistri prajurit dengan senjatanya, karena dengan sifat tugasnya yang demikian, maka alat utama seorang prajurit adalah senjata.” Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat membuka perlombaan tembak kompetisi Kasal Cup 2021, bertempat di Lapangan Tembak Jusman Pugger Ksatrian Marinir Hartono, Jalan Cilandak KKO, Jakarta Selatan, pada Sabtu (11/12).

Olahraga menembak merupakan sarana yang tepat untuk secara kontinyu melatih mental dan naluri prajurit, agar tetap mampu menerima, memahami dan melaksanakan setiap perintah meskipun dalam kondisi di bawah tekanan.

Lomba tembak Kasal Cup ini diselenggarakan dari tanggal 9 Desember 2021 sampai dengan 12 Desember 2021 yang diikuti 1.300 peserta terdiri dari TNI-Polri dan peserta sipil dengan materi lomba tembak Presisi, HPR, PCP dan tembak reaksi.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kompetisi menembak ini merupakan wujud konkret dari perhatian organisasi akan pentingnya olahraga dalam kehidupan prajurit, sehingga pembinaan personel yang berbakat dapat terus terjaga bahkan dapat didorong untuk berprestasi di kancah yang lebih tinggi.

Menurutnya, kegiatan ini tidak semata-mata untuk mencari pemenang, akan tetapi juga untuk membangun semangat kebersamaan, saling menghargai, serta menumbuhkan semangat prajurit pantang menyerah dan sportif.

Didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, Kasal lebih jauh mengatakan bahwa kemampuan menembak ini harus dipelihara untuk meningkatkan kemampuan dasar tetapi meningkatkan naluri tempur seorang prajurit.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap melaksanakan  protokol kesehatan yang sangat ketat untuk menghindari penularan Covid-19.

Dari hasil hari pertama dalam kompetisi tersebut, TNI AL meraih juara di beberapa kategori yaitu, Exhibition Pati Bintang 1 dan 2 (TNI/Polri) diraih Juara 1: Irjenpol Anang R, Juara 2: Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Juara 3: Brigjen TNI (Mar) Wayan Ari W, Kategori Pistol Exhibition Navy Style 20M diraih Juara 1: Brigjen Oni, Juara 2: Laksma Yayan Sofyan, Juara 3: Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, Sedangkan kategori Navy Style Sniper Exhibition 100 M (TNI/Polri ) diraih Juara 1: Laksma TNI Eko Murwanto,S.Sos, Juara 2: Brigjen TNI Markos, S.E., Juara 3: Marsma TNI Jorry Soleman, S.I.P.

Sementara itu, kategori Eksekutif Pamen Perorangan 20 M Juara 1: Mayor Yudha JJSC Mabesal A total nilai 197,7. Juara 2: Kolonel Kurniawan Bcp Kodiklatal A total nilai 196,5. Juara 3: Kolonel Pnb Abidin ASC 1 total nilai 195. Untuk kategori Presisi Pamen Perorangan 25 M Juara 1 : Mayor Manurung AAL A total nilai 96,3. Juara 2 : Kolonel Kurniawan Kodiklatal total nilai 94,2. Juara 3 : Mayor CPM Rivan Puspomad total nilai 93,3. Sedangkan hasil kategori Beregu: Juara 1 : JJSC Mabesal A total nilai 583,6. Juara 2 : ASC 1 total nilai 577,7. Juara 3 : Kodiklatal A total nilai 577,7. (Dispenal/jmp)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *