July 20, 2024

TNI AU Apresiasi Kreatifitas Kedirgantaraan di tengah Masyarakat

Jurnalmetropol.com – TNI AU sangat mengapresiasi dan mendukung setiap bentuk kreatifitas dan pengembangan minat kedirgantaraan di tengah masyarakat.

Dukungan tersebut sebagai bentuk komitmen TNI AU dalam mendorong pengembangan dunia kedirgantaraan. Seperti yang dilakukan oleh Suyanto, pria asal Lamongan Jawa Timur yang membuat pesawat Swayasa.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, mengatakan, sesuai amanat UU TNI, salah satu tugas TNI AU adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara. Tugas ini antara lain diimplementasikan dalam bentuk dukungan terhadap segala bentuk inovasi dan krearifitas masyarakat dibidang pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

“TNI AU sangat mendukung kreatifitas masyarakat dibidang kedirgantaraan. Dan sebagai konsekwensinya, TNI AU melalui FASI, akan melakukan supervisi dan sosialisasi aturan-aturan penerbangan, agar operasionalnya dapat berlangsung dengan aman dan memenuhi standar keselamatan penerbangan sesuai aturan penerbangan yg berlaku,”ujar Kadispenau.

Kadispenau menambahkan, terkait pesawat buatan pria dua anak asal Lamongan yang sekarang tinggal Ciamis tersebut, Kadispenau menegaskan, TNI AU tidak punya rencana membeli atau meresmikan pesawatnya.

“Mengapresiasi iya, kami juga sangat mendukung kreatifitas pak Suyanto, tugas kami adalah memotivasi dan mendampingi, agar pesawat mendapat sertifikasi kelaikan terbang,”tegas Kadispenau.

Terhadap pesawat STOL, TNI AU, dalam hal ini Komandan Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, dan Kapuspotdirgaau Marsma TNI Fadjar Adriyanto, M.Si (Han) beberapa waktu lalu, telah melakukan pendampingan dan memotifasi kreatifitas yang dilakukan oleh Suyanto. (Dispenau/jmp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *