July 22, 2024

TNI AL Gelar Rakortas Kersin, Bangun Sinergitas Antar Pemangku Kepentingan Kerjasama Internasional

Jurnalmetropol.com – Dalam rangka membangun soliditas dan sinergitas antar pemangku kepentingan kerja sama internasional di lingkungan TNI Angkatan Laut, Staf Operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) menggelar Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Kerjasama Internasional (Kersin) TNI AL Tahun 2021 bertempat di Ruang Bima, Hotel Grand Bidakara Pancoran, Jakarta Pusat, Rabu (22/12).

Rakortas Kersin TNI AL 2021 yang mengusung tema “Melalui Rakortas Kersin Kita Sinergikan Implementasi Tugas Diplomasi Angkatan Laut dan Kebijakan Luar Negeri Indonesia Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, dibuka Wakil Asisten Operasi (Waasops) KASAL Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr (Han) mewakili Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han).

Rakortas Kersin TNI AL merupakan kegiatan tahunan guna mengevaluasi dan mensinkronkan berbagai kegiatan Kersin yang dilaksanakan TNI AL sehingga selaras dengan kebijakan Diplomasi Militer TNI dan Diplomasi Pertahanan dalam rangka mendukung kebijakan luar negeri pemerintah Republik Indonesia.

Rakortas Kersin TNI AL diawali dengan preparatory meeting yang diikuti oleh para staf di lingkungan Mabes TNI dan TNI AL, pada Selasa (21/12) untuk mendiskusikan teknis permasalahan yang ditemui selama tahun 2021.

Asops Kasal dalam amanat yang dibacakan Waasops Kasal menyampaikan bahwa kegiatan Rakortas Kersin ini merupakan forum komunikasi dan koordinasi antara satker TNI Angkatan Laut yang melaksanakan implementasi kerja sama internasional untuk memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kerja sama internasional di bidang latihan, operasi, pendidikan, intelijen, dan personel.

Banyaknya tantangan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan kerja sama internasional kedepan, Asops Kasal mengajak untuk agar bisa menjadi bagian dari solusi di setiap tantangan tersebut untuk memberikan kontribusi yang lebih baik dalam setiap kegiatan diplomasi pertahanan yang dilaksanakan oleh TNI AL.

Rakortas Kersin TNI AL 2021 menghadirkan pemapar Koordinator Politik Direktorat Kerja Sama Politik-Keamanan Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemenlu Muhammad Al Aula, S.H., L.L.M., Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., Kabid Kerma Non-Asean Puskersin TNI Kolonel Laut (P) Robert Marpaung dan Kasi Afrika dan Eropa Utara-Selatan Subdit Eropa Afrika Ditkersinhan Ditjen Strahan Kemenhan Letkol Laut (KH) Yudi Febrano.

Kegiatan ini merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam Rapat Pimpinan TNI AL 2021 yaitu meningkatkan diplomasi TNI AL.

(Dispenal/jmp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *