July 22, 2024

BNNK Polman Galakkan Program Desa Bersinar 

Foto: Kepala BNNK Polman, Syabri Syam, S.Pd, M.Si

Jurnalmetropol.com – Berbagai program telah disiapkan oleh Badan Narkotika Nasional kabupaten (BNNK) Polewali Mandar (Polman) terkhusus ditahun 2022, salah satunya program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Desa Bersinar adalah desa yang mempunyai kesadaran untuk melindungi masyarakatnya dari bahaya narkoba.

Kepala BNNK Polman berharap Desa Bersinar ini menjadi kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk turut andil menjadi bagian dalam keikutsertaan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Polman.

“Sehingga perlu digarisbawahi persoalan narkoba tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah dan BNN saja melainkan seluruh lapisan masyarakat guna,”kata Kepala BNNK Polman, Syabri Syam, S.Pd, M.Si dalam keterangan tertulisnya yang diterima reporter jurnalmetropol.com, Senin (07/02/22).

Lebih lanjut, Syabri menjelaskan, sesuai petunjuk teknis bahwa desa bersinar adalah suatu wilayah setingkat Kelurahan/Desa yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program P4GN yang dilaksanakan secara massif.

“Tujuan dibentuk desa bersinar ini adalah untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat desa/kelurahan sehingga masyarakat desa bersih dari penyalahgunaan narkoba,”jelasnya.

Regulasi dari desa bersinar antara lain INPRES nomor 2 tahun 2020 tentang RAN P4GN tahun 2020-2024, Permendagri nomor 12 tahun 2019 tentang fasilitasi P4GN, Permendagri nomor 130 tahun 2018 tentang Pemberdayaan masyarakat di kelurahan, Permendes nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa diterbitkan, dan RKP BAPPENAS tahun Anggaran 2021.

Tahapan pembentukan desa bersinar adalah sebagai berikut: membangun komitmen, pemilihan desa, penetapan desa, menyusun Pokja, penganggaran, perencanaan, pencanangan dan pelaksanaan program dan kegiatan.

Di Kabupaten Polman, rencana akan dibentuk Desa/Kelurahan Bersinar sejumlah dua Desa dan dua Kelurahan adalah desa Katumbangan kecamatan Campalagian, desa Bonorejo kecamatan Wonomulyo, kelurahan Mapilli kecamatan Mapilli dan kelurahan Polewali kecamatan Polewali.

(Usman Padong)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *