July 20, 2024

Gelaran Vaksinasi Jajaran Lantamal VIII Diserbu Masyarakat

Jurnalmetropol.com – Sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL untuk melaksanakan vaksinasi guna membantu pemerintah memutus rantai penularan Covid-19. Karena itu Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado VIII yang merupakan salah satu jajaran TNI AL menggelar vaksinasi Covid-19 di beberapa daerah yang menjadi wilayah kerja Lantamal VIII, Rabu (23/2).

Serbuan vaksinasi maritim yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII di Desa Linuhu Pulau Bangka, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara mendapat sambutan yang baik disambut dari masyarakat. Lokasinya yang jauh dari kota dengan sarana prasarana yang minim, membuat gelaran vaksinasi tersebut diserbu masyarakat setempat.

Pada kegiatan tersebut, Diskes Lantamal VIII menyertakan tiga dokter, vaksinator dan beberapa tenaga kesehatan berhasil memberikan vaksin kepada 144 orang, terdiri dari 14 orang menerima dosis pertama, 54 orang dosis kedua dan 76 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Astrazeneca dan Sinovac.

Sementara vaksinasi di Balai Kesehatan Diskes Lantamal VIII terdata empat orang, baik dosis pertama maupun kedua menggunakan vaksin Sinovac dan Moderna.

Begitu juga Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet yang menggelar serbuan vaksinasi di PT Multi Nabati Sulawesi (MNS) – Wilmar Jl. Wolter Mongisidi, Paceda, Madidir, Kota Bitung, berhasil memberikan vaksin kepada 76 orang terdiri dari lima orang menerima dosis kedua dan 71 orang menerima vaksin dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Moderna.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Melonguane menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 bertempat di Kodim 1312 Kepulauan Talaud, berhasil memberikan vaksin kepada 85 orang dimana 19 orang menerima dosis pertama, lima orang menerima dosis kedua dan 61 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Astrazeneca dan Sinovac.

Vaksinasi yang digelar di pangkalan diantaranya Lanal Tahuna bertempat di Balai Kesehatan berhasil memberikan vaksin kepada 28 orang, dimana satu orang menerima dosis pertama, empat orang menerima dosis kedua dan 23 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Astrazeneca, Sinovac dan Pfizer.

Selanjutnya vaksinasi di Balai Pengobatan Lanal Gorontalo terdata 16 orang, dua orang menerima vaksin pertama dan 14 lainnya menerima dosis kedua menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca. Begitu juga di Lanal Tolitoli tervaksi lima orang baik dosis pertama maupun kedua menggunakan vaksin Pfizer.

Dalam proses pelaksanaan vaksinasi yang digelar Lantamal VIII dan jajarannya selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dan sampai dengan berakhirnya pelaksanaan tidak ditemukan kejadian ikutan pasca imunisasi.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., mengatakan bahwa Lantamal VIII dan jajarannya akan terus menggiatkan vaksinasi Covid-19 di daerah-daerah yang menjadi wilayah kerja Lantamal VIII dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi ini juga dilaksanakan untuk membantu pemerintah daerah dalam program vaksinasi nasional, dan dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut Lantamal VIII serta jajarannya selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat,”ujar Danlantamal VIII, diakhir kesempatan tersebut. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *