July 20, 2024

Serbuan Vaksinasi Lantamal VIII Hadir Kembali di Pulau Gangga Dua

Jurnalmetropol.com – Pandemi Covid-19 yang belum juga usai, menuntut masyarakat untuk menjaga kesehatan diri salah satunya dengan vaksinasi agar terhindar dari virus berbahaya tersebut. Karena itu, dalam Membantu masyarakat khususnya yang berada di pulau, Pangkalan Utama TNI AL kembali menggelar serbuan vaksinasi maritim di Desa Gangga Dua Pulau Gangga, Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara, Kamis (24/2).

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., mengatakan bahwa dalam Membantu pemerintah tentang vaksinasi nasional, Lantamal VIII tidak hanya melaksanakan vaksinasi di dalam pangkalan saja tetapi juga diluar pangkalan bahkan sampai ke pulau yang jauh dari kota dan minim transpotrasinya. Hal itu semata-mata dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang berada di pulau-pulau bisa merasakan kemudahan vaksinasi seperti yang dirasakan masyarakat perkotaan.

Danlantamal VIII juga menyampaikan bahwa vaksinasi yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya di daerah-daerah yang menjadi wilayah kerjanya merupakan penjabaran dari instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka membantu pemerintah daerah menuntaskan program vaksinasi nasional serta melindungi masyarakat dari penularan Covid-19.

Lantamal VIII melalui Dinas Kesehatan pada hari ini melaksanakan serbuan vaksinasi maritim Covid-19 di Desa Gangga Dua Pulau Gangga, Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara. Pada kegiatan tersebut, Diskes Lantamal VIII menurunkan tiga dokter, vaksinator dan beberapa tenaga kesehatan berhasil memberikan vaksin kepada 160 orang, terdiri dari 28 orang menerima dosis pertama, 112 orang menerima dosis kedua dan 20 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Astrazeneca dan Sinovac.

Sementara itu vaksinasi di pangkalan, berlangsung di Balai Kesehatan Diskes Lantamal Vlll terdata enam orang tervaksin, baik menerima dosis kedua maupun ketiga menggunakan vaksin Astrazeneca, Sinovac dan Moderna.

Selanjutnya vaksinasi di Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo yang menggelar serbuan vaksinasi di SD Negeri 17 Dungingi, Kota Gorontalo, berhasil memberikan vaksin Covid-19 kepada 65 orang, 26 orang menerima dosis pertama, 37 orang menerima dosis kedua dan dua orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Pfizer.

Lanal Melonguane melaksanakan vaksinasi di Balai Pengobatan Lanal berhasil memberikan vaksin kepada 16 orang, enam orang menerim dosis pertama, dua orang menerima dosis kedua dan delapan orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Sedangkan di Balai Kesehatan Lanal Tahuna tervaksin 14 orang dimana dua orang menerima dosis kedua dan 12 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Astrazeneca dan Pfizer. Begitu juga dengan Lanal Tolitoli di Balai Pengobatan Lanal telah memberikan vaksin kepada sepuluh orang mulai dosis pertama sampai ketiga menggunakan vaksin Pfizer.

Sampai dengan selesai, vaksinasi yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Paska Imunisasi, dan setiap proses vaksinasi selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *