July 22, 2024

Diskum AL Tutup Pelatihan Perwira Penyidik TPPU Bidang Perikanan

Jurnalmetropol.com — Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskum AL) Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung menutup kegiatan pelatihan penyidik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam Tindak Pidana Pencucian Uang Bidang Perikanan (TPPU) TA 2022 bertempat di Aula Badiklat Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Jakarta Timur, pada Jumat (25/02).

Kegiatan ini berlangsung tanggal 21 – 25 Februari 2022 dan bertujuan sebagai upaya melengkapi kemampuan para Perwira TNI AL untuk mengelola permasalahan-permasalahan di bidang perikanan yang mungkin timbul dalam melaksanakan tugas sesuai amanah dari Undang-Undang.

“Selama lima hari, kita bersama-sama belajar, mendapatkan pengetahuan, berdiskusi dan berbagi informasi dan data mengenai tindak pidana pencucian uang di bidang perikanan,“jelas Kadiskum AL.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 35 orang dengan rincian 30 orang berasal dari perwira TNI AL dengan profesi Pelaut, Hukum, Intel, Pomal serta 5 orang peserta dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Metode klasikal atau tatap muka dengan penyampaian materi, diskusi dan studi kasus. Narasumber dari PPATK dan Kejaksaan Agung RI.

Penutupan kegiatan ini ditandai dengan Penanggalan Tanda Peserta dan penyerahan sertifikat oleh Kadiskumal kepada perwakilan peserta pelatihan.

Lebih lanjut, Kadiskumal berharap bahwa para Perwira penyidik TNI AL maupun penyidik PPNS KKP, agar apa yang didapat dari kegiatan pelatihan ini, baik pengetahuan dan pengalaman selama berdiskusi serta informasi dari narasumber dapat diimplementasikan pada saat penugasan nanti.

Kegiatan ini dihadiri oleh para undangan dari Kapusdiklat APU PPT PPATK Achyar Effendi, Kabid Program Manajemen Dan Kepemimpinan Badiklat Kejaksaan RI Azwad Zamroddin, Koordinator Penanganan Barang Bukti Dan Awak Kapal KKP Afrizal, Paban III Lat Sopsal, Sekdiskumal, Kasubdislat Disopslatal, para Kasubdis Diskumal dan para Kadiskum Kotama/Pangkalan di wilayah Jakarta.

Kegiatan pelatihan ini sesuai dengan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional.

(Dispenal/red)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *