July 20, 2024

Ini Sosok Musisi Ilyas Rasena Asal Polewali Mandar  

Jurnalmetropol.com – Ilyas Rasena kelahiran Malino kabupaten Gowa Sulawesi Selatan 1968, dengan bakat yang dimilikinya sejak memulai karirnya sebagai musisi di tahun 1980 di Makassar.

Dirinya melanglang buana keberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, diantaranya kabupaten Bulukumba, Pangkep, Takalar. untuk mengikuti grub band, dengan alat musik sebagai gitaris dan kebor.

Seiring berjalannya waktu, saat itu pengusaha terkenal di Wonomulyo almarhum H. Baharuddin akan mendirikan grub Band ST, Sumber Tani band, saat itulah Ilyas Rasena dipercayakan untuk mengembangkan grub tersebut di tahun 1991 dengan maju dan berkembang.

Dengan perjalanan waktu pada saat itu Ilyas Rasena mendirikan grub sendiri yaitu lewat orgen tunggal yaitu Rasena elektone musik tahun 1996 sampai saat ini.

Sehingga mengantarkan dirinya sebagai musisi di kabupaten Polewali Mandar yang kerap kali mengiringi artis ibu kota dan artis lokal mandar seperti shaleh AS dan artis lokal Mandar dan Bugis lainnya.

Dengan kepewaiannya dalam memainkan alat musik kebor red orgen tunggal yang lasinnya disebut juga electone, dengan tehnologi semakin berkembang saat ini di media sosial adanya YouTube.

Pihaknya juga sudah membikin beberapa YouTube dengan Ilyas Rasena spesial, dengan membawakan lagu-lagu daerah, diantaranya lagu Makassar lagu Mandar dan lagu Bugis.

Dengan demikian pihaknya selalu berkarya mengikuti perkembangan zaman. Sosok Ilyas Rasena sosok musisi yang tak asin lagi di belantika musik daerah kelahiran Gowa 1968 ini dengan mempersunting putri Jawa kelahiran Wonomulyo Surya Ningsih Neneng tahun 1994 dengan melahirkan putra putri, Muh Aksan dan khairunisah.

Dengan kariernya sebagai musisi pihaknya juga tak kalah dengan para pejabat dan pengusaha dengan memberikan motivasi kepada putra putrinya untuk menempuh pendidikan. Dengan demikian putrinya sudah menyelesaikan pendidikan S1 di salah satu Perguruan Tinggi Negri di Makassar dengan kelulusan mendapatkan peringkat terbaik.

Ilyas Rasena saat ditemui jurnalmetropol.com di kediamannya mengatakan, dengan perjalanan di dunia musik suka duka yang kami alami sejak kami hijrah ke Wonomulyo Polman ini tahun 1991 melanjutkan bakat saya di Makassar sebagai gitaris serta kebor, awal bergabung di salah satu grub band ternama Sumber Tani band di bawah pimpinan Haji Baharuddin.

“Kadang pada saat itu Finansial kadang kekurangan, kadang biasa makan di warung uang tidak cukup hanya pesan kepada penjual untuk diperbanyak kuahnya karena uang tidak cukup untuk bayar,”ungkapnya,

“Alhamdulillah berkat ALLAH SWT seiring perjalanan waktu, saya memberanikan diri untuk berdiri sendiri dalam hal ini membangun grub yaitu Rasena electone musik di tahun 1996 dengan dorongan dan dukungan musisi-musisi yang lainya seperti Shaleh AS,”tuturnya.

Ilyas juga mengatakan, Alhamdulillah bisa berhasil sampai saat ini, sudah bisa menyekolahkan anak sampai keperguruan tinggi, olehnya itu saya berpesan kepada musisi-musisi marilah kita selalu berkarya lewat musik, serta marilah kita mengikuti perkembangan zaman dalam artian aktifkan diri untuk di media sosial seperti YouTube, karena dulu kita promosikan diri kita lewat tape record, VCD saat ini sudah tak ada lagi, olehnya itu marilah kita ikuti perkembangan zaman. (Usman Padong)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *