July 20, 2024

Pengamat: Banyak Pihak yang Inginkan PHS dan Agus Ambo Jiwa Berpasangan di Pilgub Sulbar

Jurnalmetropol.com — Dua tokoh Sulbar yang sering disebut-sebut akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulbar, yakni Agus Ambo Djiwa dan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam (PHS) tak sengaja bertemu disalah satu Mall di Jakarta, belum lama ini

Menanggapi hal itu, Direktur Profetik Institute, Asratillah mengatakan, pertemuan antara PHS dan Agus Ambo Djiwa, bisa saja terjadi tanpa disengaja ataupun direncanakan sebelumnya.

“Walaupun Agus Ambo Djiwa memberikan keterangan bahwa pertemuan tidak disengaja, namun foto bersama yang lalu tersebar ke khalayak bisa ditafsirkan sebagai semacam penegasan ke pubik, bahwa koalisi politik di Pilgub Sulbar di 2024 mendatang adalah hal yang sangat mungkin,”ungkapnya.

Menurutnya, posisi PDI-P di Sulbar sangatlah strategis, mengingat PDI-Perjuangan punya enam kursi di DPRD Sulbar dari 36 kursi yang ada.

“Ini berarti jika kita mendudukan posisi PHS sebagai bakal kandidat Pilgub Sulbar, maka komunikasi dengan elit-elit parpol yang mempunyai kursi di Sulbar adalah sebuah keniscayaan,”jelasnya, seperti dikutip dilaman kabarcelebes.com.

Apalagi, kata Asratillah, mempertimbangkan Agus Ambo Djiwa sebagai mantan Bupati Pasang Kayu yang saat ini kepemimpinannya dilanjutkan oleh adik dan istrinya sendiri. Dengan kata lain dukungan politik di Pasangkayu masih didominasi oleh gerbong politik Agus Ambo Djiwa.

PHS sendiri secara personal juga memiliki daya tarik politik, karena seorang guru besar yang kompetensinya sangat dibutuhkan dalam rangka mempercepat laju pembangunan daerah terkhusus Sulbar.

Daya tarik politik inilah yang juga membuat elit-elit politik di Sulbar membuka selebar-lebarnya komunikasi politik dengan PHS.

Sebelumnya, Agus Ambo Jiwa mengaku tidak ada janjian dengan PHS. “Tidak ada janjian. Pas saya ada di mall, beliau (PHS) juga ada. Jadi, kami pun ngopi-ngopi santai. Tidak bahas politik dan pilkada. Sekarang ini siapa saja boleh silaturahmi, diskusi tentang Sulbar ke depan,”kata Agus.

Dirinya mengaku tidak pernah secara spesifik membahas tentang pilgub, meski banyak pihak yang menginginkan mereka untuk berpasangan di pilgub nanti.

Diketahui, untuk maju dalam kontestasi Pilgub Sulbar, PHS telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol), seperti PDIP, Golkar PKB dan partai lainnya.

Adapum figur-figur lain yang santer disebut akan maju di antaranya Ali Baal Masdar, Suhardi Duka, Andi Ibrahim Masdar (Bupati Polman) dan sejumlah nama lainnya. **(Sumber/red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *