July 20, 2024

Jajaran Lantamal VIII Terus Perangi Covid-19 Melalui Vaksinasi

Jurnalmetropol.com – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado beserta jajarannya terus memerangi pandemi Covid-19 sebagai upaya percepatan penanganan virus tersebut. Upaya dilakukan melalui vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di beberapa daerah yang menjadi wilayah kerja Lantamal VIII, pada Jum’at (18/3).

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA. menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai. “Dibutuhkan penanganan serius agar pandemi berakhir, salah satunya melalui vaksinasi yang digelar jajaran Lantamal VIII,”katanya.

Lebih lanjut Danlantamal VIII mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya sejalan dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yakni; “Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru di kalangan TNI AL”.

Menindaklanjuti hal tersebut Lantamal VIII dan jajarannya giat menggelar vaksinasi, dimulai dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Tolitoli yang hari ini melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 bertempat di Balai Desa Kapas, Kecamatan Dakopamean Kabupaten Tolitoli.

Dalam kegiatan tersebut Lanal Tolitoli berhasil memberikan vaksin kepada 47 orang, terdiri dari tiga orang menerima dosis pertama, 41 orang menerima dosis kedua dan tiga orang lainnya menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Pfizer.

Selanjutnya Lanal Melonguane yang kembali menggelar vaksinasi di Lapangan Sangkudiman Melonguane, Kepulauan Talaud, berhasil memberikan vaksin Covid-19 jenis Moderna kepada 47 orang, 11 orang menerima dosis pertama, 14 menerima dosis kedua dan 22 orang menerima dosis ketiga.

Sementara itu vaksinasi di dalam pangkalan dilaksanakan juga diantaranya oleh Rumkital dr. Wahyu Slamet Bitung pada kegiatan vaksinasi hari ini memberikan vaksin kepada 35 orang, empat orang menerima dosis pertama, 17 orang menerima dosis kedua dan 14 orang menerima dosis ketia menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan Covovax

Kemudian vasinasi di Balai Kesehatan Lanal Tahuna berhasil memberikan vaksin kepada 15 orang, tiga orang menerima dosis pertama, delapan orang menerima dosis kedua dan empat orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Pfizer dan Astrazeneca.

Sedangkan Diskes Lantamal Vlll pada vaksinasi rutin di Balai Kesehatan telah memberikan vaksin kepada 14 orang, dimana sepuluh orang menerima dosis kedua dan empat orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna.

Selama proses pelaksanaan vaksinasi yang digelar Lantamal VIII dan jajarannya selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dan sampai dengan berakhirnya pelaksanaan tidak ditemukan kejadian ikutan pasca imunisasi. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *