July 20, 2024

Danlantamal VIII Serahkan Tali Asih kepada Personel yang Purna Tugas

Jurnalmetropol.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., menyerahkan tali asih kepada personel Lantamal VIII yang memasuki purna tugas.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua, Manado, Kamis (24/3).

Penyerahan tali asih tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara penyerahan tali asih kepada Prajurit dan PNS TNI AL oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang dilaksanakan secara terpusat di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta, dan diikuti secara virtual seluruh Kotama/Satuan di jajaran TNI AL.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa pemberian tali asih kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut yang memasuki purna tugas pada hakekatnya adalah wujud penghormatan, penghargaan dan ungkapan terima kasih organisasi atas pengabdian, dedikasi, dharma bakti dan jasa-jasa yang telah dipersembahkan para Prajurit dan PNS selama menjalani masa pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut Kasal mengatakan bahwa memasuki masa purna tugas adalah momen yang sangat istimewa dan mengharukan. Menghakhiri masa pengabdian melalui TNI Angkatan Laut dan harus kembali ke tengah-tengah masyarakat menjadi masa yang tidak mudah untuk dilalui.

“Purna tugas bukan berarti pengabdian kita telah berakhir, itu hanyalah peralihan medan pengabdian dari wahana organisasi TNI Angkatan Laut untuk melanjutkan pengabdian di tengah-tengah masyarakat,”tutur Kasal.

Kasal menghimbau, agar ketika telah kembali ke masyarakat harus menjadi contoh dan teladan dalam displin, selaras dengan kebijakan pemerintah untuk membangun disiplin nasional. “Kita dapat pula menyebarkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme guna membentengi masyarakat dari pengaruh paham radikal dan anti pemerintah”kata Kasal.

Mengakhiri sambutannya, atas nama seluruh prajurit jalasena Kasal menyampaikan penghormatan, penghargaan dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas dharma bakti, pengabdian, dedikasi serta jasa-jasa personel yang memasuki purna tugas, dalam membangun kejayaan TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara.

Sementara itu Danlantamal VIII dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada 13 personel Lantamal VIII yang telah memasuki masa purna tugas, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian kepada Lantamal VIII serta segala kontribusinya demi kemajuan Lantamal VIII.

Komandan juga berharap apa yang sudah diberikan oleh Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk kesejahteraan di masa pensiun, dapat dimanfatkan dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wadan Lantamal VIII, Para Asintel Danlantamal VIII, Kakuwil Lantamal VIII dan Para Kasatker Mako Lantamal VIII. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *