July 20, 2024

TNI AL Kerahkan Tim SAR Cari Korban Laka Air di Perairan Alur Kuala Sugihan

Jurnalmetropol.com — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang segera bergerak mengerahkan tim SAR sesaat setelah mendengar informasi telah terjadi musibah kecelakaan air, pada hari Kamis (24/3) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB di perairan Alur Kuala (Jalur 23 Sungai Kenten Muara) Sugihan, Kec. Muara Sugihan, Kab. Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, kronologis kejadian pada hari Rabu (23/3) Tug Boat (TB). TNL 1202 yang bermuatan kosong melaksanakan pelayaran bertolak dari Jety Dermaga PT. Oki Pulp Sungai Baung, Oki, Sumsel dengan tujuan Pontianak.

Dalam perjalanan tepatnya di Kampung Kenten Jalur 23 Kecamatan Air Sugihan, Kab. Ogan Komering Ilir pada sekitar pukul 01. 30 WIB, ketika melintas arah Muara Sugihan mengalami insiden menabrak perahu getek yang diperkirakan sedang mengalami kerusakan mesin.

Pihak TG. TNL sudah berusaha memberikan isyarat berupa lampu sorot dan klakson dengan harapan perahu menjauh dari alur pelayaran. Namun perahu tidak bisa dikendalikan pengemudinya dan masuk ke bawah Tongkang Trans Nusantara 240.

Pada saat itu saksi melihat satu orang (pengemudi perahu) melompat dari perahu dan berteriak minta tolong. Pihak Kapal Tongkang segera menyandarkan kapal tidak jauh dari lokasi kejadian dan melaporkan ke Binpotmar Sugihan Peltu Apm Muhammad Yusuf dan segera dilaksanakan upaya pencarian dibantu masyarakat sekitar, namun korban belum berhasil diketemukan.

Selanjutnya, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo segera memerintahkan personel Babinpotmar TNI AL Sugihan Peltu Apm Muhammad Yusuf beserta anggotanya dan Patkamla I-3-54/Sriwijaya Lanal Palembang untuk melaksanakan SAR bersama instansi terkait dan masyarakat di lokasi kejadian. Hingga berita ini diturunkan pencarian masih berlanjut, sementara korban belum ditemukan.

Didapatkan data sementara korban yang hilang dalam insiden ini adalah dua orang berjenis kelamin laki-laki (bapak dan anak) yaitu korban pertama atas nama Iwan Isarkani berusia 65 tahun, Pekerjaan tani, beralamat Ds. Rejo Sari Jalur SP 11 Kec Muara Sugihan Kab. Ogan Komering Ilir. Sumsel dan korban kedua atas nama Iyan, Usia 14 tahun.

Aksi cepat tanggap Lanal Palembang mengerahkan tim SAR tersebut merupakan bukti bahwa Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara, telah diaplikasikan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran TNI AL.

Sumber: Dispenal

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *