July 22, 2024

1 Ramadhan 1443 Hijriyah Ditetapkan pada Minggu 3 April 2022

Jurnalmetropol.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriyah jatuh pada Minggu 3 April 2022. Hal tersebut berdasarkan hasil pemantauan hilal tak terlihat di 101 titik pengamatan, pada Jumat (1/4/2022) sore.

“Secara mufakat 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Ahad 3 April 2022 M,”ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat jumpa pers hasil Sidang Isbat.

Menurut Yaqut, Kemenag selalu gunakan dua metode yaitu hisab atau perhitungan dengan metode kedua rukyat atau melihat langsung keberadaan hilal. Dua metode ini, bukan dua metode yang dipertentangan tapi saling melengkapi.

“Kedua metode ini penting saling melengkapi satu sama lain,”kata Menag, seperti dikutip media ini dilaman FB Okezone.

Kemenag menggunakan kriteria baru untuk penentuan awal bulan Hijriyah mengacu pada kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesi, Malaysia dan Singapura (MABIMS) pada 2021. Di mana, MABIMS sepakat kriteria hilal menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Dalam pemaparan hilal, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Thomas Djamaluddin mengungkapkan, secara astronomis, posisi hilal di Indonesia pada saat Maghrib 1 April 2022 masih berada di bawah kriteria baru MABIMS yang ditetapkan pada 2021. Sehingga, kemungkinan hilal tidak dapat teramati.

“Di Indonesia, posisi hilal awal Ramadhan 1443 H terlalu rendah sehingga hilal yang sangat tipis tidak mungkin mengalahkan cahaya syafak (senja), sehingga kemungkinan tidak terlihat,”ujar Thomas.

Menurut Thomas, kalau ada yang mengklaim melihat hilal, dimungkinkan itu bukan hilal. Secara astronomi klaim itu bisa ditolak.

Sidang Isbat dan pemaparan hilal juga dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Ketua Komisi VIII DPR RI (secara daring), duta besar negara sahabat, pimpinan MUI, pejabat Kemenag dan instansi terkait, alim ulama pimpinan ormas Islam. *(Sumber/red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *