October 2, 2022

Danseskoal Tutup Seminar Nasional, Tingkatkan Kerjasama Hadapi dan Antisipasi Ancaman IKN

Jurnalmetropol.com – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han), menutup secara resmi kegiatan Seminar Nasional Seskoal Tahun 2022, guna meningkatkan pemahaman secara menyeluruh akan pentingnya membangun kerjasama dalam menghadapi dan mengantisipasi munculnya ancaman pada Ibu Kota Negara yang baru dari Matra Laut, bertempat di Auditorium gedung Yos Sudarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, pada Rabu (27/7).

Komandan Seskoal dalam sambutannya mengatakan bahwa telah kita ikuti rangkaian seminar berupa paparan materi penyampaian ide-ide yang komprehensif dan inovatif serta diskusi secara interaktif, juga berbagai pengalaman berkaitan dengan strategi pertahanan Matra Laut Ibu Kota Negara yang baru.

“Saya optimis kita dapat meraih tujuan yang ingin kita capai bersama, karena melalui forum nasional ini kita dapat meningkatkan pemahaman secara menyeluruh akan pentingnya membangun kerjasama dalam menghadapi dan mengantisipasi munculnya ancaman pada Ibu Kota Negara yang baru dari Matra Laut,” kata Komandan Seskoal kepada seluruh peserta pada acara penutupan Seminar Nasional Seskoal Tahun 2022 di Seskoal.

Ditambahkan, melalui rangkaian diskusi dalam forum ini, kita dapat menarik beberapa kesimpulan penting bahwa ancaman terhadap kedaulatan negara dapat kita hadapi melalui kerja sama berbagai komponen pertahanan, baik utama, cadangan dan pendukung melalui masing-masing Kementerian dan Lembaga yang terkait.

Mengakhiri sambutannya, Komandan Seskoal menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi kepada seluruh peserta Seminar Nasional, baik kepada narasumber maupun panitia dan seluruh pihak yang telah bekerja optimal, sehingga pelaksanaan seminar ini dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga kita senantiasa diberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungannya dalam pengabdian kita kepada Angkatan Laut dan negara yang kita cintai,”ujar Komandan Seskoal pada acara penutupan Seminar Nasional di Seskoal.

Penutupan Seminar Nasional Seskoal Tahun 2022 yang diikuti Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Seskoal Angkatan Ke – 60 TA. 2022 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI Angkatan Laut Angkatan Ke – 17 TA. 2022 ini, diisi dengan pemateri, yakni: Pembicara Pertama, Dirjen Strahan Kemhan RI Mayjen TNI Dr.rer.pol. Rodon Pedrason, MA tentang Strategi Dalam Perencanaan dan Menyiapkan Kekuatan Pertahanan IKN Matra Laut. Pembicara Kedua, Deputi Polhukam Bappenas RI Dr. Ir. Slamet Soedarsono, MPP, QIA, CRMP, CGAP tentang Perencanaan Pertahanan IKN Matra Laut dengan Melibatkan Berbagai Komponen Pertahanan Negara, Pembicara Ketiga, Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. tentang Strategi Pengerahan dan Penggunaan Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung serta Perhitungan Kekuatan Alutsista Untuk Pertahanan Ibu Kota Negara Dari Aspek Matra Laut, Pembicara Keempat, Gubernur Lemhannas Dr. Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc. tentang Perspektif Ketahanan Nasional Dalam Strategi Pertahanan Matra Laut IKN yang Komprehensif Dengan Melibatkan Komponen Utama, Cadangan dan Komponen Pendukung, dan Perhitungan Kekuatan Alutsista, Pembicara Kelima, Anggota Komisi 1 DPR RI H. Sukamta, Ph.D. tentang Perspektif Perwakilan Rakyat Dalam Pelibatan Komponen Cadangan dan Pendukung Untuk Memperkuat Komponen Utama Dalam Hal Pertahanan Ibu Kota Negara Aspek Matra Laut Ditinjau Dari Aspek Akademis, dan Pembicara Keenam, Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP. tentang Strategi Maritim Dalam Rangka Pertahanan Ibu Kota Negara.

Penutupan Seminar Nasional ini dihadiri, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., Wadan Seskoal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Didong Rio DPW, S.T., M.A.P., M.Tr.( Han), Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Pejabat Utama Seskoal, Dosen, para Narasumber, peserta Webinar, Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke – 60 dan Pasis Susjemensra Angkatan Ke – 17 TA. 2022.

Penutupan Seminar Nasional yang diisi dengan diskusi dan tanya jawab ini, antara Narasumber dan Pasis Dikreg Seskoal serta Pasis Susjemenstra TNI AL, selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, profesional dan tangguh, serta upaya kita semua dalam menghadapi era keterbukaan informasi dan revolusi industri 4.0.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, tidak lupa dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) yaitu mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak sehingga tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *