Sun. Aug 14th, 2022

Keren! Masyarakat Jakarta Antusias Saksikan Parade, Sambut Bulan Kemerdekaan RI

Jurnalmetropol.com – Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, sebab pada bulan ini lah bangsa Indonesia tepatnya pada tanggal 17 tahun 1945 bangsa Indonesia merdeka dari para penjajah.

Biasanya, masyarakat di Indonesia melaksanakan berbagai macam cara dan acara dalam menyambut hari kemerdekaan, salah satunya Komunitas Kolaborasi yang menyelenggarakan Parade bendera di JPO Phinisi Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (31/07).

Rangkaian acara yang yang diselenggarakan bertepatan dengan Car Free Day ini tidak hanya menampilkan parade bendera akan tetapi pertunjukan seni alat musik perkusi dari berbagai daerah di Indonesia.

Gilang Ramadhan salah satu drummer ternama di Indonesia pun turut memeriahkan acara tersebut.

“Jadi tidak hanya memeriahkan, kegiatan hari ini memang untuk menyatukan para pemain-pemain perkusi tradisional nusantara, bagaimana kita istilahnya ada keeratan sebagai warga negara Indonesia bermain perkusi dan bisa memperlihatkan betapa besarnya Indonesia ini,”ujar Gilang, seperti dikutip dilaman Medsos Anies Baswedan.

Selain seni musik, seni tari juga ditampilkan dalam kemeriahan menyambut bulan kemerdekaan ini. Seniman tari, Boby Ari Setiawan bertugas menjadi sutradara sekaligus koreografer dalam parade ini.

Adapun tema tarian yang diusung adalah Tari Bambu Juang. “Filosofi bambu ini bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi kita semua terutama anak muda, bagaimana bambu itu tumbuh awalnya adalah penguatan akarnya, begitu juga sebenarnya dengan spirit kita anak-anak muda sebagai bangsa indonesia kita harus punya kekuatan nasionalis akarnya harus kuat dulu kemudian kita harus memaknai apa sih sebenarnya arti kemerdekaan sebagai warga indonesia itu seperti apa,”jelasnya.

Disisi lain, Soni selaku koordinator Komunitas Kolaborasi mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk merekonstruksi kembali nilai-nilai kebangasaan kita dan merefleksikan kembali rasa cinta kepada Ibu Pertiwi dari para pejuang,

Soni juga mengajak kepada seluruh warga Indonesia agar turut terlibat dalam kolaborasi ini. “Bisa lihat di IG kita @komunitas.kolaborasi, itu ada kegiatan kita. Terus kalau nggak scan aja ini jadwal kegiatan kita ada disini, lengkap, tempatnya dimana, seperti apa,”kata Soni.

Soni menambahkan bahwa mulai besok dari tanggal 1-30 Agustus 2022. dari pukul 7-8 akan ada pembacaan teks proklamasi di traffic light, halte, maupun ditempat-tempat keramaian di 200 titik di wilayah Jakarta.

Perlu diketahui, Komunitas Kolaborasi adalah komunitas yang terdiri dari personal, seniman, olahraga, olahragawan, pelajar, the Jak mania, serta dari berbagai instansi baik swasta, Pemprov DKI, dan BUMD, serta masyarakat umum lainnya. *(red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *