October 2, 2022

Kolinlamil Kirim Perwiranya di 5th Staff Talks dengan US 7th Fleet

Jurnalmetropol.com — Komando Lintas Laut Militer mengirimkan dua Perwira pertamanya yaitu Kapten Laut (P) Tunggul Adya Dewangga dan Letda Laut (P/W) Risma Gusly Simangunsong untuk bergabung dalam delegasi TNI AL pada kegiatan 5th Staff Talks antara TNI AL dengan United States 7th Fleet dan United State Marine Corps Force Pasific (US MARFORPAC) tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu yang lalu.

Pada kegiatan tersebut bertindak selaku Ketua Delegasi TNI AL adalah Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, sedangkan pihak Amerika Serikat dipimpin oleh Commander US 7th Fleet Vice Admiral Karl Thomas.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut merupakan bentuk kerja sama bilateral dalam rangka info sharing serta peningkatan kapabilitas dalam penyelenggaraan kegiatan operasi dan latihan.

Masuk dalam Working Group 4 Logistic/Sea Lift, Kapten Tunggul dan Letda Risma mendapatkan banyak tambahan pengetahuan dalam hal penyelenggaraan dukungan angkutan laut militer sesuai dengan tugas yang diemban oleh Komando Lintas Laut Militer.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh dua Perwira Kolinlamil untuk menimba pengetahuan dan menambah pengalaman dalam berdialog dengan Perwira Angkatan Laut dari US Navy.

Melalui Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi menyampaikan bahwa kegiatan Navy to Navy Talk merupakan upaya TNI AL untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Angkatan Laut negara sahabat sekaligus menjadi wahana bagi Perwira TNI AL dalam menjalin hubungan komunikasi dengan Perwira Angkatan Laut luar negeri.

Kepada kedua Perwira Kolinlamil yang mengikuti kegiatan 5th Staff Talks antara TNI AL dengan United States 7th Fleet dan United State Marine Corps Force Pasific tahun 2022, Panglima Kolinlamil mengharapkan agar kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menimba pengetahuan dan pengalaman yang selanjutnya dapat digunakan dalam mendukung tugas-tugas Kolinlamil ke depan.

Keterlibatan Perwira pertama dalam pergaulan Angkatan Laut internasional dirasakan membawa banyak manfaat dalam meningkatkan kapabilitas Perwira TNI AL. Hal tersebut merupakan implementasi dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam hal membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional.

(Dispen Kolinlamil/kamal)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *