October 2, 2022

Dirbinmas Polda NTB Ajak Senkom Polri Wujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif di Wilayah

Jurnalmetropol.com – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) bersama Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri se-provinsi NTB menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema” Senkom Mitra Polri Daerah NTB Dalam Rangka Membangun Sinergitas Polri dan Masyarakat Melalui Peran Senkom Mitra Polri Guna Mewujudkan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif di Wilayah NTB” pelaksanaannya di Hotel Nutana Mataram, Senin (1/8/2022).

Kapolda NTB melalui Dirbinmas Polda NTB Kombes Desy Ismail S.I.K. dalam sambutannya menyampaikan, peran Satbinmas adalah sebagai penyejuk di tengah- tengah masyarakat yaitu dengan memberikan bimbingan dan edukasi tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Pesan saya, peran Senkom membantu tugas polri berikan bimbingan dan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat sadar dengan keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif,”jelasnya.

Kombes Pol Desy menjelaskan, sebab Satbinmas fungsinya adalah memberikan himbauan kamtibmas agar tidak melakukan tindak pidana, kalau peran satreskrim adalah melakukan peyelidikan, penyidikan dan penangkapan yang melanggar tindak pidana atau melawan hukum.

“Terimakasih kepada seluruh anggota Senkom se-NTB yang selama ini berperan aktif membantu tugas polri dan membantu masyarakat, baik dibidang kamtibmas, kebencanaan dan belanegara,”terang Kombes Pol Desy Ismail.

Sementara itu, Ketua Senkom Provinsi H.Wawan Hermana dalam pemaparannya mengatakan bahwa Senkom Mitra Polri terbentuk pada 1 Januari 2004 di jakarta, sedangkan terbentuknya Senkom di NTB pada tahun 2007 dan sudah tersebar di seluruh Kota/ Kabupaten se-Provinsi NTB.

“Senkom memiliki nota kesepahaman bersama Mabes Polri sehingga pada tahun 2007 seluruh Kapolda se- Indonesia diperintahkan oleh pak Kapolri untuk membina anggota Senkom di daerah masing -masing,”ucap H.Wawan

H. Wawan menuturkan, selain kerjasama dengan Polri Senkom juga bekerjasama dengan BNN, BNPB, Basarnas dan Kemenhan. Sehingga Senkom Mitra Polri memiliki 3 klaster” (1) Senkom Kamtibmas dengan semboyan menembus jarak tanpa batas (2) Senkom Kebencanaan dengan semboyan Siaga Saat Aman, ada saat dibutuhkan (3) Senkom Bela Negara dengan semboyan NKRI Harga Mati.

“Polri dengan memiliki PRESISI. Sedangkan Senkom Mitra Polri sudah berjalan 18 tahun dalam Munas ke IV di jakarta juga Senkom memiliki PRIMA (Profesional,Responsif, Inovatif, Modern dan Akuntabel) dalam menghadapi revelusi industri 4.0 bidang Kamtibmas mendapat sambutan positif dari masyarakat,”pungkasnya. (Masyath)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *