Sun. Aug 14th, 2022

Danseskoal Buka Oyu Renstramil Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60

Jurnalmetropol.com – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP., membuka secara resmi kegiatan Olah Yudha Rencana Strategi Militer (Oyu Renstramil) “Wiratama Siaga 2022” Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Seskoal Angkatan ke-60 TA. 2022 di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (3/08).

Kegiatan diawali dengan pernyataan resmi Pimpinan Umum Oyu Renstramil, menyatakan, “Pada hari ini Rabu 3 Agustus 2022, Pukul 7.39 WIB., Latihan Renstramil Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 Tahun 2022, saya nyatakan secara resmi dibuka,”kata Komandan Seskoal yang juga selaku Pimpinan Umum Latihan Renstramil, dan kegiatan selanjutnya adalah Penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan peserta latihan Renstramil oleh Pimpinan Umum.

Dalam sambutannya, Danseskoal yang juga selaku Pimpinan Umum Oyu Renstramil mengatakan, Latihan Perencanaan Strategi Militer ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan Pasis Dikreg Seskoal dalam menyusun dokumen strategis, khususnya pada penyusunan Rencana Tindakan Menghadapi Kontijensi (Rentinkon) Kotama Operasi Kewilayahan TNI, dalam hal ini TNI Angkatan Laut dalam menghadapi kontijensi sesuai perkembangan lingkungan strategis, baik global, regional maupun nasional.

Ditambahkan, sebagai pendukung upaya tersebut, Pasis akan mendapatkan berbagai pembekalan dari berbagai institusi seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, Asintel dan Asops Koarmada RI.

“Diharapkan, dengan menerima pembekalan dari para pejabat terkait, akan menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat sebagai bekal awal dalam melaksanakan latihan,” kata Komandan Seskoal kepada para peserta OYU Renstramil di Seskoal.

“Saya memberikan harapan besar kepada para Pasis untuk dapat melaksanakan latihan dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan segala sarana dan prasarana yang ada, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. Selanjutnya kepada Dosen, saya harapkan dapat memberikan koreksi, arahan dan masukan kepada seluruh Pasis, sshingga latihan ini dapat berjalan dengan baik,”kata Komandan Seskoal.

Sebelum mengakhiri sambutannya, ada beberapa penekanan yang harus dipedomani, yakni: Pertama. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kedua. Laksanakan latihan dengan sebaik-baiknya, serap ilmu untuk bekal dalam penugasan nanti, Ketiga. Kepada para Dosen, berikan ilmu dan pengalamannya kepada para Pasis, bimbing dan arahkan agar pelaksanaan latihan dapat berjalan optimal dan Keempat. Jaga fisik dan kesehatan, disiplin dalam setiap tugas yang diberikan oleh Dosen maupun Pembimbing.

Mata pelajaran rencana kontijensi dan rencana tindakan-tindakan kontijensi di Seskoal ini, disampaikan secara teori dengan metode klasikal, dan latihan praktik dalam bentuk Olah Yudha dengan metode Gladi Posko.

Pembukaan Oyu Renstramil ini, diikuti Wadan Seskoal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Didong Rio DPW, S.T., M.A.P., M.Tr.( Han), Kepala Kordinator Dosen (Kakordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CFrA, Pejabat Utama Seskoal, Kadep dan Dosen Seskoal serta Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-60 TA 2022.

Pembukaan Oyu Renstramil ini, selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, profesional dan tangguh, serta upaya kita semua dalam menghadapi era keterbukaan informasi dan revolusi industri 4.0. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *