September 29, 2022

Danseskoal Buka Penilaian Bulan Trisila TNI AL TA 2022

Jurnalmetropol.com – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP., membuka secara resmi Penilaian Bulan Trisila TNI AL TA. 2022 di Amphiteater Joint Operations Plan Role (JOPR) gedung Adang Safa’at, Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, pada Rabu (10/8).

Dalam sambutannya, Danseskoal mengatakan bahwa sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut, Seskoal berperan dan bertugas mendidik, membekali serta mengembangkan kemampuan para Perwira Siswa untuk menjadi Pemimpin yang mampu menjadi Pemikir dan Perencana Strategi Pertahanan Negara di laut dimasa mendatang.

Dikatakan bahwa kegiatan selama Bulan Trisila TNI AL saat ini merupakan pelaksanaan Pembinaan Satuan (Binsat) dan Pembinaan Tradisi (Bintradisi) yang mencakup implementasi nilai-nilai Trisila TNI AL oleh para personel Seskoal dalam melaksanakan Perintah Harian Sifat Tetap (PHST) dan kehidupan tradisi yang mencerminkan Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan nilai-nilai Trisila TNI Angkatan Laut yaitu Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer.

“Dilihat dari kegiatan tersebut, maka sasaran dari kegiatan ini adalah supaya seluruh personel jajaran Seskoal dapat menumbuh kembangkan pemahaman, semangat dan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai Trisila TNI AL terhadap Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia, serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan di kedinasan maupun kehidupan sosial sehari-hari dengan harapan dapat mendukung kelancaran tugas pokok Seskoal,”ujar Danseskoal dalam amanatnya.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh personel Seskoal ini, dihadiri Wadan Seskoal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksma TNI Didong Rio DPW, S.T., M.A.P., M.Tr.(Han), Kepala Kordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksma TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Sekretaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CFrA, para Pejabat Utama, para Kadep dan Dosen Seskoal serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Seskoal. Sedangkan dari Tim Penilai Bulan Trisila TNI AL Mabesal hadir Pati Sahli Kasal Laksma TNI Arief Muchtarom, S.E., M.Si.(Han)., C.Fr.A., CHRMP., beserta Kolonel Laut (E) Daru Prayogo selaku Katim Penilai, Kolonel Laut (KH) Yudiana Subarkah Haris, S.A.P. dan Letkol Laut (KH) Putut Warastroseno, S.Pd., CHRMP.

Pada kesempatan yang sama, usai pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan Amanat Kasal tentang Bulan Trisila TNI AL oleh Pati Sahli Kasal Laksma TNI Arief Muchtarom, S.E., M.Si.(Han)., C.Fr.A., CHRMP. dan paparan oleh Katim Penilai Bulan Trisila Mabesal Kolonel Laut (E) Daru Prayogo mengenai sejarah singkat, konsep, nilai-nilai dan penerapan Trisila, baik di lingkungan kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat serta diakhiri dengan tanya jawab.

Selain itu, juga ditampilkan video berupa testimoni tentang Trisila TNI AL, dengan Narasumber dari beberapa mantan Kasal yaitu Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M. dan Laksamana TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P.

Selesai pelaksanaan Pembukaan Penilaian Bulan Trisila TNI AL, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP., beserta Tim Penilai Bulan Trisila TNI AL Mabesal dan segenap Pejabat Seskoal, meninjau pelaksanaan Olah Yudha Angkatan Tugas (Oyu AT) “Jala Yudha-LX/2022” oleh Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Seskoal angkatan 60 dan Pasis Susjemenstra TNI AL angkatan 17 di Pusat Olah Yuda (Pusoyu) Seskoal gedung O.B. Syaaf. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *