September 29, 2022

Danseskoal Tinjau TFG Latihan Oyu AT Jala Yudha LX / 2022 di Pusoyu Seskoal

Jurnalmetropol.com – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP. meninjau pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) latihan Olah Yudha Angkatan Tugas (Oyu AT) “Jala Yudha-LX/2022” Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Seskoal Angkatan 60 dan Perwira Siswa Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI Angkatan Laut Angkatan 17 di Gedung Koen Djaelani, Pusoyu Seskoal Cipulir Jakarta Selatan, pada Jum’at (12/08).

Pada pelaksanaan peninjauan tersebut, Komandan Seskoal memberi arahan kepada Perwira Siswa yang harus dipedomani selama mengikuti latihan Olah Yudha Angkatan Tugas (Oyu AT) “Jala Yudha-LX/2022” sebagai bekal para Pasis di masa yang akan datang dalam memimpin TNI Angkatan Laut.

Pada kegiatan TFG tersebut, juga dilaksanakan pengkajian, penilaian dan evaluasi terhadap pelaksanaan latihan OYU AT “Jala Yudha-LX/2022” oleh tim penilai, tim Wasdal dan tim Wasru Seskoal. Usai pelaksanaan evaluasi dan pengkajian, selanjutnya dilaksanakan acara penutupan latihan Oyu AT “Jala Yudha-LX/2022” di Amphitheatre Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan.

Pada kegiatan penutupan tersebut, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP. diwakilkan Wadan Seskoal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo menutup secara resmi latihan Oyu AT “Jala Yudha-LX/2022” Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 60 dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI Angkatan Laut Angkatan 17 TA. 2022 di Amphitheatre Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya Komandan Seskoal yang dibacakan Wadan Seskoal mengatakan, setelah melalui proses latihan, pada hari ini Perwira Siswa Seskoal telah selesai melaksanakan kegiatan Olah Yuda Angkatan Tugas “Jala Yudha LX/2022” TA. 2022, sesuai dengan materi yang dikembangkan, yaitu mission analisis. Mission analisis adalah analisa ancaman terkini, analisa daerah operasi, dan analisa tugas serta updating perkiraan keadaan sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi intelijen terakhir yang disusun dalam berbagai produk naskah.

Dikatakan bahwa sebagaimana para Perwira ketahui bahwa kegiatan Olah Yudha ini juga dilaksanakan untuk mencapai pemahaman dan kemampuan Perwira Siswa dalam menyusun rencana operasi pada tingkat Komando Tugas Gabungan (Kogasgab), serta mengaplikasikan materi operasi militer untuk perang yang telah diterima oleh Perwira Siswa dalam kegiatan perkuliahan di kelas.

“Dengan berakhirnya Olah Yudha ini, diharapkan para Perwira Siswa dapat memanfaatkan pengalaman tersebut dengan sebaik-baiknya guna mendukung kegiatan mendatang, yaitu Pra PKB OPSGAB TNI dan PKB OPSGAB TNI “Wira Siaga XLII” TA. 2022. Secara keseluruhan hasil latihan ini telah mencapai tujuan dan sasaran yang ditentukan meskipun masih ada hal-hal yang perlu mendapat perhatian dan penyempurnaan lebih lanjut,”kata Komandan Seskoal kepada peserta latihan latihan Olah Yudha Angkatan Tugas (Oyu AT) “Jala Yudha-LX/2022”.

Ditambahkan bahwa pengalaman sebagai pejabat latihan seperti Pangkogasgab, Kepala Staf, Para Asisten maupun sebagai Sekretaris Latihan, hendaknya dapat berguna dalam pelaksanaan tugas sebenarnya.

“Manfaatkan juga pengalaman dalam penyusunan produk naskah latihan sebagai dasar dalam melaksanakan penugasan selanjutnya dengan dilandasi semangat kebersamaan dan motivasi yang tinggi, yang pada akhirnya dapat diperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan oleh Lembaga,”kata Komandan Seskoal menegaskan.

Komandan Seskoal juga mengatakan, tidak kalah penting, dengan upaya mengkaji metode, perangkat lunak maupun Doktrin TNI. “Diharapkan latihan ini dapat memberikan manfaat bagi TNI/TNI AL , karena selain meningkatkan profesionalisme para Perwira Siswa , hal ini juga merupakan evaluasi terhadap referensi-referensi yang ada untuk digunakan dalam menyelenggarakan suatu operasi militer,”jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksma TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Sekretaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CFrA, para Pejabat Utama, para Kadep dan Dosen Seskoal serta Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 60 dan Pasis Susjemenstra TNI Angkatan Laut Angkatan 17. *(red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *