October 2, 2022

Ribuan Prajurit TNI AL dan Masyarakat Surabaya Gelar Suroboyo Berlian Kasih

Jurnalmetropol.com — Sebanyak 5.000 personel yang terdiri prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) Komando Armada (Koarmada) II dan masyarakat Surabaya menggelar program Suroboyo Berlian Kasih (Surabaya Bersih Lingkungan-Kali Bersih) di sepanjang bantaran sungai Kalimas, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (13/08) kemarin. Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Emil Dardak, serta para Pangkotama TNI AL Surabaya meninjau langsung kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan HUT ke-77 TNI AL tahun 2022 bertajuk “Dari Pekik Merdeka Hingga Gelora Jalesveva Jayamahe” ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta dalam menjaga kebersihan sungai, mencegah pencemaran air sungai dan memberlakukan sungai sebagaimana mestinya. Selain itu untuk memperindah sungai dan meningkatkan wisata sungai Kalimas.

Program Berlian Kasih yang melibatkan prajurit Kotama TNI AL wilayah Surabaya yakni Kodiklatal, AAL, Lantamal V, Pasmar 2, Satlinlamil, UPT Mabesal serta melibatkan TNI AD, TNI AU, Polri, instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, pelajar dan pihak swasta ini membersihkan sepanjang bantaran sungai Kalimas mulai jembatan pintu air Petekan hingga Monkasel yang berada di tengah Kota Surabaya.

Selama pembersihan yang dilakukan ini juga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Surabaya melibatkan alat berat Escavator, puluhan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Surabaya serta melibatkan puluhan perahu karet.

Pada kegiatan tersebut, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa program yang digelar oleh TNI AL ini diapresiasi baik oleh masyarakat setempat. Kegiatan bersih-bersih sudah dimulai sejak tanggal (09/08/2022) dan diharapkan ini menjadi program rutin yang bisa dilakukan sepanjang masa dan sampai kapanpun bisa laksanakan.

Sementara itu Wagub Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, program bersih-bersih yang dilakukan adalah kegiatan yang luar biasa dan keteladanan yang harus diikuti, dimana ini menjelaskan bahwa kemanunggalan telah terwujud serta merubah persepsi Kalimas menjadi wajah masyarakat Surabaya.

“Gubernur bercita-cita, Kalimas ini menjadi sebuah urat nadi, tulang punggung dan menjadi identitas bagi masyarakat Surabaya,”ucapnya.

Kegiatan program Suroboyo Berlian Kasih ini selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan serta prioritas lainya menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara. (Dispenal/red)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *