May 27, 2024

BPOM Provinsi Sulbar Monitoring dan Evaluasi Kantin SMAN 1 Sarudu 

Jurnalmetropol.com – Pemantauan Sekolah SMAN 1 Sarudu lakukan Monitoring pengecekan Makanan dan Minuman oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sulbar, di Kab. Pasangkayu Kec. Sarudu, Desa Sarudu, pada Jum’at (09/09/22).

Salah tugas BPOM mengadakan pemantauan yang berkaitan dengan Kantin sekolah dan pedagang sekitar sekolah. Petugas BPOM akan melakukan sampling dan pengujian terhadap jajanan di kantin sekolah yang disinyalir terdapat bahan makanan yang berbahaya. Ini merupakan realisasi dari program keamanan pangan yang diwujudkan melalui kantin sehat. 

“Pengecekan makanan dan minuman dilakukan untuk memastikan keamanan dan kebersihan dari tempat dan makanan yang disajikan bagi siswa. Sehingga mereka terhindar dari konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan.”kata Rahmawati ketua tim perwakilan BPOM Sulbar.

Lanjut Rahmawati menjelaskan bahwa  kantin sehat itu perlu memperhatikan kebersihan kantin, menyediakan makanan yang sehat bergizi serta mempunyai label halal.

Sebelum pemantauan dilaksanakan tim BPOM melakukan sosialisasi kepada sekolah – sekolah tentang kantin sehat dan hal-hal yang ada kaitanya dengan bahan – bahan makanan yang
tidak layak dicampur ke dalam makanan. 

“Dan selain itu perlu ada pengetahuan cara – cara mengolah kantin sehat dengan menjual makanan dan minuman yang sehat juga bergizi,”ucap Rahmawati.

Ditempat yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Sarudu Harniati, S.Pd.,M.P juga menyampaikan bahwa standar khusus diberlakukan kepada setiap pedagang di kantin sekolah, yakni dilarang menggunakan peralatan berbahan plastik, bahan berbahaya terhadap makanan seperti pengawet, penyedap berlebih hingga pewarna buatan.

‘’Harapan saya kedepannya sebagai Kepala Sekolah penanggung jawab di SMAN 1 Sarudu, semoga tim
BPOM selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugasnya,”ujarnya.

Kepsek Harniati juga berharap kepada tim BPOM selalu memberikan ilmu dan arahannya kepada pihak sekolah yang ada di Kabupaten Pasangkayu tentang layak dan tidaknnya makanan kemasan yang dikonsumsi bagi siswi-siswa kami. Demi terwujudnya kesehatan dan kecerdasan anak didik di SMAN 1 Sarudu dan anak didik pada umumnya di kabupaten Pasangkayu sebagai generasi harapan bangsa dan agama. (Ansar)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *