October 2, 2022

Satgas KJK TNI AL Kenalkan Budaya Indonesia kepada Masyarakat Internasional

Jurnalmetropol.com – Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) 2022 yang saat ini sedang sandar di Dermaga HMAS Kuttabul Navy Base Sydney, Australia berkesempatan untuk menampilkan berbagai seni budaya dihadapan masyarakat internasional yang ditampilkan para Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III Angkatan ke-69.

Dihari ketiga sandar di Australia, Selasa (13/9), KRI Bima Suci dengan Komandan Letkol Laut (P) M. Sati Lubis, S.T, M.Sc., CHRMP., menggelar Cocktail Party yang berlangsung di atas KRI Bima Suci dengan menampilkan berbagai tarian dan hidangan khas Indonesia.

Tarian Rama Shinta yang dibawakan Taruna AAL menjadi salah satu primadona bagi tamu undangan yang hadir, disamping tarian-tarian lainnya seperti Tari Saman, Tari Kecak, dan Rampak Gendang yang membuat para tamu berdecak kagum. Hidangan-hidangan khas Indonesia yang disajikan juga menjadi daya Tarik dari tamu undangan.

Komandan Satgas saat menyambut para tamu mengungkapkan bahwa suguhan berbagai tarian dan juga kuliner khas Indonesia untuk menghibur tamu undangan sebagai salah satu upaya diplomasi untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Internasional.

“Dengan begitu kami berharap hubungan persaudaraan dapat tercipta sehingga misi diplomasi kami sebagai Satgas Pelayaran Diplomasi Duta Bangsa dapat terwujud,”tutur Letkol Lubis.

Cocktail Party merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh Angkatan Laut di seluruh dunia, jadi setiap kali kapal perang Angkatan Laut dari seluruh Negara, apabila berkunjung ke Negara lain, pada umumnya melaksanakan Cocktail Party, karena merupakan sebuah media untuk melaksanakan Diplomasi.

Selain Coctail Party, selama sandar di Australia sejumlah kegiatan dilaksanakan diantaranya olahraga bersama pertandingan sepak bola dan bola volly yang berlangsung di lapangan sepakbola Royal Navy Base, Sydney Australia dalam rangka menjalin hubungan keakraban dengan Royal Australia Navy, dan juga penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna di Customs House Sydney, Australia yang mendapat sambutan yang sangat antusias dari penduduk lokal.

Dalam Satgas KJK 2022 ini, KRI Bima Suci membawa 208 personel terdiri dari 92 ABK, 102 Taruna AAL dan 14 personel staf latihan.

Pelayaran selama 91 hari ini melewati rute Surabaya-Jakarta-Singapura-Sabah (Malaysia) – Tual – Townsville (Australia)-Sydney (Australia) – Cairns (Australia) – Darwin (Australia) – Bali – dan kembali lagi ke Pangkalan Surabaya menempuh jarak 11.122 Nm. Satgas ini direncanakan akan kembali lagi ke tanah air pada 18 Oktober 2022 mendatang. (Dispenal/red)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *