September 27, 2022

Kejuaraan Dunia Mancing Piala Presiden dibuka Kasal

Jurnalmetropol.com —- Dalam upaya mendukung kebangkitan ekonomi daerah, terutama melalui sektor pariwisata, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs. Steven OE Kandouw membuka kompetisi memancing kelas dunia Likupang North Sulawesi International Fishing Competition (LNSIFC) 2022 digelar di Likupang, Sulawesi Utara, pada Rabu (14/09) kemarin.

Kejuaraan memancing LNSIFC 2022 yang juga akan memperebutkan Piala Presiden RI Ir. Joko Widodo tersebut, diikuti peserta dari dalam dan luar negeri antara lain Indonesia, Amerika Serikat, Australia, China, dan Perancis. Event bertaraf internasional yang akan berlangsung sejak tanggal 14 -18 September.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah saat ini dengan tegas menjadikan kemaritiman sebagai visi pembangunan Indonesia.

“Presiden RI Ir. Joko Widodo dengan lugas menyatakan bahwa di laut tersimpan harapan dan kejayaan. Laut adalah peradaban masa depan bangsa Indonesia. Hal ini mengandung pengertian bahwa laut harus menjadi orientasi kehidupan kita saat ini dan ke depan. Laut juga harus dapat kita kelola sebagai sumber kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia,”kata Laksamana Yudo.

Lebih jauh Kasal mengatakan, kegiatan International Fishing Competition yang dibuka kali ini adalah salah satu langkah kongkrit untuk menuju pemanfaatan sumber daya kelautan, khususnya ikan, secara optimal.

“Dari kegiatan ini kita harapkan budaya pemanfaatan ikan dan wisata bahari akan semakin meluas di kalangan masyarakat Indonesia,”kata Kasal yang hadir bersama Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono.

Sementara itu, Wagub Provinsi Sulut Steven mengatakan, event ini menjadi kekuatan tersendiri karena melibatkan 3 kabupaten kota yakni kabupaten Minut, kepulauan Biaro, dan kota Manado.

“Menjadi suatu kebanggaan karena bapak Presiden Jokowi sangat mendukung penuh dan Sulut menjadi Provinsi satu-satunya yang menyelenggarakan lomba mancing internasional Piala Presiden dan sudah mendapatkan surat persetujuan oleh Sekretariat Negara bahwa Sulut menjadi calendar of event tahunan untuk lomba mancing di Sulawesi Utara,”katanya

Steven Kandouw juga menyampaikan ucapan terima kasih atas support yang luar biasa dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono atas pelaksanaan LNSIFC 2022.

“Ini menandakan bahwa roadmap kita selaras dengan Pemerintah Pusat serta TNI Angkatan Laut, mudah-mudahan seluruh peserta yang datang dari Sabang sampai Merauke bahkan dari 5 (lima) negara dapat mengabarkan bahwa ada satu tempat diujung Utara pulau Sulawesi di Indonesia suatu surga laut yang boleh kita jadikan sebagai destinasi pariwisata,”kata Steven Kandouw .

Kejuaraan memancing Likupang North Sulawesi International Fishing Competition 2022 memang sangat spesial dan menyuguhkan banyak nilai tambah. Terutama prestise yang ditampilkan dari kejuaraan ini, yakni Piala Presiden. Hal ini bukan saja membanggakan, tapi menjadi tuas kebangkitan ekonomi bagi masyarakat lokal.

Dalam kegiatan tersebut juga telah dilaksanakan pemecahan rekor muri pemotongan dan penyajian sashimi terbanyak, sehingga kemeriahan kompetisi memancing tingkat dunia selain ajang promosi wisata bahari di Indonesia, juga mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan.

TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah melalui pemulihan ekonomi nasional, terus berupaya memberikan yang terbaik untuk Indonesia sebagai negara kelautan, dimana Kasal Laksamana TNI Yudo Margono melalui program Kampung Bahari Nusantara (KBN) dan Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) mengembangkan sumber daya maritim menjadi sumber ekonomi untuk masyarakat sekitar. (Dispenal/red)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *