October 2, 2022

TNI AL Seskoal Gelar Seminar Maritim Internasional

Jurnalmetropol.com – TNI Angkatan Laut Seskoal menggelar Seminar Maritim Internasional Tahun 2022 bertempat di Auditorium Jos Soerdarso, Seskoal Jakarta Selatan, pada Selasa (13/09).

Seminar Maritim Internasional Seskoal TA.2022 yang mengangkat tema “Menyingkapi Konflik Guna Membangun Kejayaan Maritim” dengan Keynote Speaker Menhan RI Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dibuka secara resmi oleh Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono H, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP.

Acara yang terselenggara dibawah tanggung jawab Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksma TNI Didong Rio Duta, S.T., M.A.P., M.Tr.( Han), dan Ketua Panitia Waka Pusjianmar Seskoal Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, S.M., dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dan webinar, dimana para pembicara dan narasumber membahas sikap Indonesia dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis Indo-Pasifik menghadapi kompetisi hegemoni Cina-AS dan negara-negara yang beraliansi serta dapat memanfaatkan momen tersebut untuk Membangun Kejayaan Maritim, yang dibahas dari perspektif akademik dan praktisi.

Seminar Maritim internasional ini secara umum bertujuan : (A) Mendapatkan kesamaan pola pikir dan saran serta masukan dalam memahami sikap Indonesia menghadapi konflik keamanan regional ditinjau dari kepentingan pertahanan dan ekonomi nasional guna membangun kejayaan maritim.

(B) Memberikan ruang dan waktu bagi praktisi, akademisi, dan pemerintah untuk berdialog saling bertukar informasi serta ide-ide dalam suatu kerangka pemikiran pertahanan dan keamanan sejalan dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif demi kepentingan nasional Indonesia.

Seminar Maritim Internasional Seskoal TA. 2022 ini menghadirkan Pembicara dari bidang akademis dan bidang praktisi. Untuk bidang akademis adalah 1) Philips J. Vermonte, M.A., Ph.D, Senior Fellow CSIS 2) Prof. Dr. Anhar Gonggong dari Lemhannas RI., 3) Prof. Geoffrey Till, M.A., Ph.D. Sedangkan dari bidang praktisi yakni 1) Andi Widjajanto, S.Sos., MS.c., 2) Dr. Arif Havas Oegroseno, S.H., M.H., 3) Kakordos Seskoal Laksma TNI Judijanto, S.T., M.A., M.Si.

Dalam Seminar Maritim Internasional tersebut diikuti peserta baik secara virtual (Daring online) sebanyak 204 orang maupun hadir langsung di Auditorium Jos Soedarso Seskoal yang terdiri dari Pejabat Kotama TNI AL, Pejabat Utama Seskoal, Dosen Seskoal, Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Seskoal Angkatan Ke – 60 TA. 2022 dan segenap perwakilan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta.

Pelaksanaan kegiatan seminar dengan Moderator 1. Sara Wayne dan Moderator 2. Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz, M. Maritimepol, M.Tr.Hanla ini selalu berpedoman dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, moderen dan tangguh, serta selama kegiatan selalu memperhatikan Protokol Kesehatan sehingga tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19.. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *