October 2, 2022

Sayap Partai Gerindra, PIRA se-NTB Resmi Dilantik

Jurnalmetropol.com – Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) Pengurus Pusat Perempuan Indonesia Raya (PP PIRA), resmi melantik Pengurus Daerah (PD) PIRA Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pengurus Cabang (PC) PIRA se-NTB, di Ballroom Hotel Astoria Lombok Kota Mataram, pada Sabtu (17/9/22).

Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) PP PIRA Hj. Endang Sulistyorini, ditemui usai melantik PD PIRA NTB dan PC se-NTB mengatakan bahwa acara pelantikan dirangkai dengan kegiatan pendidikan perempuan politik, mengingat PIRA merupakan salah satu organisasi sayap Partai Gerindra yang terbentuk untuk membantu kinerja partai.

“Kami dari Pengurus Pusat Perempuan Indonesia Raya, mengadakan konsolidasi internal dengan pelantikan pengurus daerah. Alhamdulillah, selain pelantikan PD PIRA Nusa Tenggara Barat, juga dilanjutkan dengan pelantikan PC PIRA kabupaten/kota yang ada di NTB,”ungkapnya.

“Jadi  ada sepuluh PC PIRA dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa,”imbuhnya.

Hj. Endang yang juga menjabat Ketua Bidang Pemberdayaan Kader Perempuan DPP Partai Gerindra, mengapresiasi keterlibatan dan dukungan seluruh kader Partai Gerindra di NTB.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Ketua DPD Partai Gerindra NTB Bapak Pathul Bahri, yang tadi menyempatkan hadir pada acara pelantikan.

Terima kasih juga atas dukungan dari seluruh Fraksi Partai Gerindra yang ada di NTB, baik itu fraksi di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota,”kata Hj. Endang.

Srikandi partai besutan Prabowo Subianto itu menjelaskan, dengan mengusung slogan PIRA Berdaya Gerindra Berjaya, pelantikan dan pelatihan perempuan politik juga dimaksudkan untuk penjaringan kader gender, yang akan ikut berkompetisi di bursa pemilu legislatif tahun 2024 mendatang.

“Pelantikan ataupun konsolidasi ini, bermaksud untuk penjaringan bakal caleg DPRD Provinsi dan DPRD Kota dan Kabupaten untuk perempuan khususnya, karena kita tahu bersama bahwa keberadaan Partai Gerindra mendapatkan urutan nomor dua di seluruh NTB,”jelas Hj. Endang.

Menurut politisi yang pada pileg 2019 lalu menempati urutan ketiga perolehan suara caleg Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) NTB 1 itu, PIRA sebagai organisasi sayap perempuan Partai Gerindra, akan berupaya memenuhi harapan afirmasi politik yakni 30 persen keterwakilan perempuan di legislatif, sehingga perempuan bukan hanya sekedar sebagai pelengkap penderita.

“Untuk itu kita mempersiapkan kader-kader perempuan untuk kita menjadikan calon anggota legislatif. Harapannya juga nanti bukan hanya sebagai caleg tetapi akan terpilih menjadi anggota legislatif,”tandasnya.

Lebih lanjut Hj. Endang menuturkan, PIRA akan terus berupaya mewujudkan keterwakilan perempuan yang duduk sebagai legislatif di semua tingkatan.

“Jadi bukan hanya eforia, bukan hanya sebagai penggembira ataupun sebagai pelengkap penderita, tetapi juga memang mendapatkan dukungan baik dari partai maupun dukungan dari masyarakat yang akan diwakilinya. Untuk di provinsi dari sembilan kursi DPRD, kita harapkan nanti akan naik ke 11 kursi dengan dua caleg perempuan akan menjadi anggota DPRD, itu target,”sebutnya.

“Jadi ada penambahan dua kursi, tetapi itu untuk jatah perempuan. Pun, harapan untuk kabupaten/kota,”tutup Hj. Endang.

Diinformasikan bahwa pasca kegiatan pelantikan, pihaknya akan menggelar pendidikan perempuan politik lanjutan di Pulau Sumbawa. (Anang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *