October 2, 2022

Semua Fraksi DPRD Kabupaten Jember Setuju Nota Pengantar Perubahan APBD 2022 

Jurnalmetropol.com – Semua fraksi di DPRD kabupaten Jember setuju atas nota pengantar Perubahan APBD tahun 2022 yang disodorkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten. Sikap politik ketujuh Fraksi dinyatakan dalam sidang paripurna yang digelar di aula PB Sudirman, kompleks gedung Pemkab, Selasa (20/9/2022).

Fraksi pertama yang menyampaikan pandangan umumnya, Fraksi Pandekar (PAN, PD dan Golkar), dibacakan oleh Sucipto, SE menyatakan menerima usulan Pemkab. Pandekar mendesak P-APBD Tahun 2022 segera dibahas untuk kemaslahatan masyarakat Jember.

Pemerintah Kabupaten Jember masih memiliki tunggakan anggaran yang masih belum terbayar, misalnya Reward terhadap Atlet yang juara Porprov Jatim. Masyarakat Jember yang masih belum menerima bantuan, kenyataannya masyarakat tersebut termasuk masyarakat miskin. Belanja Wajib dapat digunakan untuk pemberian subsidi BBM kepada masyarakat Jember.

Fraksi GIB (Gerindra, Perindo dan Berkarya) dibacakan oleh Ardi Pujo Prabowo yang intinya, mendesak P-APBD Tahun 2022 segera dibahas untuk kemaslahatan masyarakat Jember. Dampak Kenaikan harga BBM bersubsidi sehingga P-APBD Tahun 2022 ini untuk masyarakat Jember dalam pemberian Bantuan. Agar pupuk bersubsidi ditambah sehingga pangan di Indonesia dapat jaminan.

Fraksi PPP dibacakan oleh Yongki Wibowo, S.E menyatakan, Fraksi PPP menyetujui P-APBD Tahun 2022 segera dibahas untuk kemaslahatan masyarakat Jember. Fraksi PPP meminta kepada Bupati Jember untuk segera mendefinitifkan seluruh kepala OPD yang masih Plt dan Plh sehingga dapat meningkatkan serapan anggaran.

Fraksi PKS dibacakan oleh Mashuri Hariyanto, S.P mendesak P-APBD Tahun 2022 segera dibahas untuk kemaslahatan masyarakat Jember. Fraksi PKS menolak Kenaikan BBM bersubsidi dari Pusat sampai dengan Daerah sebagai komitmen PKS pro terhadap masyarakat, dan kelangkaan Pupuk Bersubsidi perlu diperhatikan yang dalam. Untuk menunjang APBD Tahun berikutnya, Kami berharap kepada seluruh Stakeholder terkait dapat meningkatkan APBD Jember.

Fraksi PDI-P dibacakan oleh Hadi Supa’at, mendesak P-APBD Tahun 2022 segera dibahas untuk kemaslahatan masyarakat Jember. Menurut Fraksi PDI-P sampai saat ini program kerja Bupati Jember masih belum optimal, sehingga Fraksi PDI-P berharap kepada Bupati Jember dapat meminta kepada seluruh Kepala OPD Kabupaten Jember dapat mengoptimalkan kinerja masing-masing bidang. BPJS Kesehatan mandiri masih belum bisa dioptimalkan bentuknya, sehingga masyarakat Jember yang sakit tidak kesulitan berobat gratis sebab mereka telah membayar setiap bulannya.

Fraksi PKB dibacakan oleh Sri Winarni, M.Si mendesak P-APBD Tahun 2022 segera dibahas untuk kemaslahatan masyarakat Jember. Lemahnya peningkatan ekonomi berbasis UMKM akan meningkatkan angka kemiskinan, yang semestinya oleh bupati Jember angka tersebut realnya masih dipertanyakan. Banyaknya Kepala OPD yang masih Plt dan Plh, khususnya Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Jember yang memiliki masalah besar bahwa saat ini banyak SD/SLTP memiliki jumlah siswa yang tidak sesuai ketentuan.

Fraksi ke 7, Nasdem, dibacakan oleh David Handoko Seto, menyetujui P-APBD Tahun 2022 segera dibahas untuk kemaslahatan masyarakat Jember, dengan beberapa catatan. Untuk menekan dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi sehingga memberikan pelayanan terhadap masyarakat Jember yang optimal. Pembiayaan yang bersumber dari Silva tahun 2021 untuk menekan dampak Inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi.

Akhirnya rapat paripurna yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD, Agus Sufyan ditutup dengan hasil, seluruh Fraksi menyetujui nota pengantar perubahan P-APBD tahun 2022.

Anggota yang hadir, 34 anggota Dewan dari 50 kursi, telah memenuhi kuorum sidang paripurna.

Sedangkan dari Pemkab dihadiri oleh Wakil Bupati, KH MB Firjaun Barlaman beserta Asisten Sekdakab, Staff Ahli Bupati,Kepala OPD dan Camat seluruh wilayah Jember, ketua Parpol dan TP PKK Kabupaten. Turut mengundang juga Forkopimda Kabupaten Jember atau yang mewakili, seperti Kapolres diwakilkan Kapolsek Sumbersari, Kompol Sugeng Piyanto, SH. (Sigit)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *