December 6, 2022

Pahami Prosedur Bahaya Kebakaran, Prajurit Kolinlamil Terima Pembekalan dan Pengenalan Alat Pemadam

Jurnalmetropol.com — Usai melaksanakan olahraga pagi, sejumlah prajurit dan PNS Komando Lintas Laut Militer mengikuti pembekalan dan pengenalan alat pemadam kebakaran yang dilaksanakan di Auning Utara Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Selasa (27/9).

Dalam kesempatan tersebut para prajurit dan PNS Kolinlamil diberikan pembekalan oleh Letkol Laut (T) Danial Hery S dan Mayor Laut (T) Edi Purwanto. Adapun materi yang diberikan yaitu pengenalan jenis-jenis kebakaran, pengenalan alat pemadam ringan seperti CO2, Dry Powder, Foam, AF11 dan Fire Block, kemudian dilanjutkan dengan peragaan penggunaan alat pemadam ringan serta peragaan penggunaan selang pemadam dan nozzle.

Kepala Dinas Material dan Perbekalan Kolinlamil Kolonel Laut (T) Rachmat Susanto selaku penanggung jawab pembekalan ini menyampaikan bahwa, pembekalan dan pengenalan ini bertujuan untuk mengetahui cara menggunakan alat-alat pemadam bilamana terjadinya bahaya kebakaran sewaktu-waktu.

“Disini prosedur penanggulangan kebakaran harus berjalan sambil menunggu tim pemadam tiba, mulai dari diumumkan lokasi kebakaran, kecepatan personel untuk mengambil peralatan pemadaman kebakaran terdekat dengan sumber api dan pengamanan area sekitar. Oleh karena itu diharapkan seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil mampu memahami cara menggunakan alat-alat pemadam dan juga mengetahui langkah-langkah yang dilakukan bila tim pemadam belum tiba,”ujar Kadismatbek Kolinlamil.

Pelaksanaan pembekalan seperti ini harus dilakukan secara berkelanjutan untuk membangun sumber daya TNI AL yang unggul dan profesional. Kemampuan penanggulangan bahaya kebakaran mutlak dikuasai oleh prajurit Kolinlamil mengingat bahaya kebakaran dan kebocoran kapal merupakan bahaya yang paling memungkinkan terjadi, manfaatkanlah moment seperti ini untuk mendapatkan pengetahuan.

Demikian hal tersebut yang disampaikan oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi menindaklanjuti penekanan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

(Dispen Kolinlamil)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *