December 6, 2022

Pangkolinlamil Hadiri Upacara Sertijab dan Penandatanganan Pakta Integritas Pangkoarmada RI

Jurnalmetropol.com — Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara Serah Terima Jabatan dan Penandatanganan Pakta Integritas Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) yang dilaksanakan di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, pada Selasa (27/9).

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Nana Agus Hariadi.

Panglima Koarmada RI yang sebelumnya dijabat oleh Laksdya TNI Abdul Rasyid K diserahkan kepada Laksda TNI Heru Kusmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Umum Panglima TNI. Sementara itu Laksdya TNI Abdul Rasyid K pada bulan ini memasuki masa purna tugas.

Komando Armada Republik Indonesia TNI AL disingkat Koarmada RI TNI Angkatan Laut adalah Komando Utama Operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai Komando Utama Pembinaan di tingkat Mabesal yang berkedudukan langsung di bawah Kasal.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kotama Ops, Koarmada RI menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan matra laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan sebagai Kotama Bin, Koarmada RI membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kasal.

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI AL harus terus berjalan sebagai salah satu bentuk dinamika pembinaan organisasi. Dalam lingkungan TNI dan TNI Angkatan Laut, jabatan Panglima Komando Armada RI memiliki nilai yang sangat strategis. Sebagai pimpinan kotama pembinaan, Pangkoarmada RI memikul tanggung jawab untuk mampu menjamin kesiapan tempur seluruh elemen armada hingga tingkat tertinggi sehingga dapat diandalkan.

“Usia yang relatif baru, tidak pernah menjadi hambatan bagi Komando Armada RI untuk memikul tanggung jawab akan terlaksananya pembinaan serta penggunaan kekuatan sistem senjata armada terpadu sebagai sistem kesenjataan khas TNI Angkatan Laut,”jelasnya.

(Dispen Kolinlamil/kamal)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *