December 6, 2022

Ketum Asprindo: Sandiaga Uno Layak Kembali Dampingi Anies Baswedan

Jurnalmetropol.com, Jakarta – Memanasnya bursa pencalonan presiden dan wakil presiden seiring dengan deklarasi pencalonan Anies Baswedan oleh Partai Nasdem, mengundang banyak spekulasi dan komentar berbagai pihak. Siapa yang akan menjadi penantang Anies? Siapa yang akan mendampinginya sebagai bakal calon wapres? Bagaimana peluangnya?

Ketua Umum ASPRINDO (Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia), Jose Rizal, yang dimintai pendapat oleh wartawan awal pekan ini menyatakan bahwa bursa calon presiden dan wakil presiden masih sangat cair dan masih sulit ditebak. Tapi jika ia dimintai pendapat dalam kapasitas sebagai Ketua Umum ASPRINDO, ia tentu berharap bahwa bakal capres dan cawapres 2024 adalah mereka yang mau peduli pada pengusaha Bumiputera.

“Misi ASPRINDO adalah menjadikan pengusaha Bumiputera menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jadi, sIapa pun capres dan cawapres mendatang yang memiliki keberpihakan kepada pengusaha pribumi akan kami dukung,”ujarnya.

Apakah Anies memiliki kriteria tersebut? Sejauh ini, menurut Jose Rizal, memang baru Anies yang kerap menyinggung masalah pengusaha Bumiputera. “Jika itu menjadi komitmen Anies dan tertuang dalam program kerjanya, mengapa tidak? Tentu kami dukung,”tegasnya.

Ia juga menyebut kriteria yang sama untuk bakal cawapres. “Ya, misinya harus sama,”ujarnya.

Disinggung nama-nama yang banyak diusung untuk mendampingi Anies, Jose menyebut bahwa Sandiaga S Uno layak untuk dicalonkan kembali mendampingi Anies. “Kita tidak sempat melihat kolaborasi mereka di Jakarta. Tapi saya yakin, keduanya memiliki misi dan berada pada frekuensi yang sama,”katanya.

Sandiaga dalam penilaian Jose Rizal bisa lebih bisa memberikan nilai tambah bagi Anies dibandingkan nama-nama lainnya.

Sandiaga berlatar pengusaha, tapi sangat peduli pada pembinaan UMKM. “Ia juga relatif memiliki pengalaman dalam pemerintahan pusat. Selama menjabat Menparekraf, Sandi memberi porsi yang cukup memadai bagi pengembangan ekonomi kreatif yang notabene pelakunya adalah UMKM,” papar Jose.

Pada sisi lain, Sandiaga dikenal sebagai pengusaha dengan latar belakang keluarga muslim yang taat. Menurut Jose, di kalangan santri dan pemuka agama Islam, Sandi sangat diterima. Di saat yang sama, ia juga menunjukkan sikap respek terhadap pemeluk agama lain.

“Partai politik pun, saya kira, tidak resisten terhadap Sandi. Sandi juga punya pendukung yang cukup fanatik, misalnya ibu-ibu. Jadi, jodohkan sajalah keduanya kembali,”pungkasnya tersenyum lebar. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *