December 6, 2022

Diaspora Indonesia di Connecticut AS Menggelar Malam Budaya Cinta Indonesia

Jurnalmetropol.com – Pada Minggu malam (13/11/22), waktu East Coast, Amerika, masyarakat perantau (diaspora) Indonesia dari berbagai suku-etnis dan agama yang berdomisili dan bekerja di State Connecticut kembali berkumpul dan menggelar Malam Budaya atau “The 2022 Annual Indonesian Cultural Night” di ruang pementasan seni Beckham Hall, Wesleyan University di Middletown, Connecticut.

Acara tahunan ini digagas, dirintis, dan dipentaskan oleh Indonesian Association of Connecticut, dipimpin oleh Bapak Tjatur Subagio bersama Debby Zakka, Hanny Pongoh, Indriyo Sukmono, I.M. Harjito, dkk.

Acara diawali dengan pementasan tari Bali, dilanjutkan lagu-lagu klasik Indonesia, seperti suara suling, kopi susu, perahu layar, dan cucak rowo, diiringi musik tradisional Gamelan, pimpinan Bapak Harjito, pengajar musik Gamelan di Wesleyan University. Berkat perjuangan Harjito, musik Gamelan Indonesia bisa ‘go internasional’ dan dipelajari oleh mahasiswa jurusan seni di salah satu Universitas beken di Amerika.

Setelah penonton disuguhi tari dan musik Gamelan, hadirin diarahkan ke ruang pementasan musik di Beckham Hall.

Acara Indonesian Cultural Night dipandu dengan baik oleh Debby Zakka Pongoh dan Nikita Indriyo. Sesi kedua ini diawali dengan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan berbagai jenis hiburan seni dan makanan rasa Indonesia dinikmati oleh para tamu yang sebagian orang Amerika, seperti Fashion Show Ibu-ibu Connecticut, Lagu-lagu Pop Indonesia, Ikrar Kami Cinta Indonesia dari perwakilan diaspora tiap daerah dan etnis asal Indonesia, dan lain-lain.

Acara seperti ini merekatkan hubungan kekeluargaan dan menyatukan hati semua perantau/diaspora Indonesia, merasakan satu keluarga besar yang satu hati, satu asal Indonesia, sambil menikmati menu Indonesia.

(M. Saleh Mude)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *