December 6, 2022

Pelangi Nusantara dalam Ekonomi Masa Kini di Katumbiri Expo 

Foto: Nanny Hadi Tjahjanto selaku pembina IKAWATI Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat hadir di kegiatan Katumbiri Expo 2022

Jurnalmetropol.com – Katumbiri Expo adalah pameran dengan kosakata Pelangi yang melambangkan keanekaragaman serta keindahan produk budaya Indonesia yang diolah melalui kearifan lokal dan gagasan kreatif.

Dalam pelaksanaannya yang ke-10 kalinya, tahun ini, Kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 16-20 November 2022 tersebut dalam rangka menyongsong Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember.

Gelar Akbar Adirasa Nusantara, Katumbiri Expo 2022 mengangkat tema “Peran Generasi Muda Menuju Kesetaraan di Era Digital” dengan menggandeng para pelaku industri kreatif mulai dari kuliner, kosmetik tradisional, produk fesyen, tenun hingga kerajinan dari berbagai wilayah Nusantara dengan produk terbaik kelas dunia.

Ketua Pelaksana Katumbiri Expo 2022, Lalita Nerisa Soerjo Soejarso menyampaikan dalam setiap even Katumbiri Expo selalu melibatkan peran dan sinergi berbagai elemen anak bangsa, serta generasi muda milenial, demi mewujudkan perempuan Indonesia yang tangguh dan siap bersaing dalam ekonomi global. Tak terkecuali pada Katumbiri Expo tahun ini.

“Generasi muda khususnya para perempuan muda Indonesia dapat terus berinovasi mengeluarkan ide kreatifnya dalam membuat produk untuk membangun ekonomi di era digital. Sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan bangsa,”kata Lalita, dikutip media ini, pada Kamis (17/11/2022).

Dia lantas mengajak, dan merangkul generasi muda agar berani menampilkan karya buatan sendiri dalam negeri hingga mancanegara.

Sementara itu, Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Nanny Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa Katumbiri Expo 2022 ini bertujuan memberi ruang kepada perempuan Indonesia untuk terus berkarya agar dapat membantu perekonomian keluarga.

“Katumbiri Expo 2022 ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi perempuan UMKM untuk memasarkan karyanya. Tentunya hal ini sangat membantu perekonomian Indonesia karena bekerja dan berkarya di rumah dengan hasil yang luar biasa dan siap untuk ekspor,”ujarnya.

Katumbiri Expo 2022 diikuti oleh 155 stand berbagai produk. Yang berasal dari penjuru nusantara yang menampilkan berbagai produk unggulan khas daerah masing-masing. (Beby)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *